Pelajar SMA Menoreh Prestasi Dalam Ajang Kompetisi Geografi Dunia
(723)
55 1 20-02-2017
0 suka
10-08-2018, 16:20:54

Satu lagi prestasi internasional diraih oleh anak bangsa. Indonesia mengirimkan empat delegasi siswa untuk berkompetisi di ajang kompetisi geografi dunia, International Geography Olympiad (IGEO) 2018 di Quebec City, Kanada.

Ajang kompetisi geografi tersebut merupakan kompetisi tahunan yang dikhususkan untuk peserta siswa berumur 16-19 tahun di seluruh dunia yang menguasai subjek mata pelajaran geografi. Para siswa yang dipilih untuk merepresentasikan negaranya merupakan para siswa terbaik di bidang tersebut, terpilih dari ribuan siswa yang antusias berpartisipasi di Olimpiade Geografi Nasional. International Geography Olympiad atau iGeo menguji kemampuan setiap peserta dalam pola dan proses spasial. Terdiri dari tiga bagian: tes tertulis, test multimedia, dan sebuah latihan kerja lapangan besar yang membutuhkan observasi yang mengarah ke representasi kartografi dan analisis geografis. Program tersebut juga meliputi presentasi poster berkelompok, pertukaran budaya, serta waktu bagi para peserta untuk mengenal rekan-rekan peserta lainnya, dan menjelajah negara tuan rumah, yang mana tahun ini di tuan-rumahi oleh Quebec City.

iGeo tersebut dikelola oleh International Geographical Union (IGU) Olympiad Task Force yang menghasilkan tes dengan mengacu pada penyelenggara lokal dan dewan internasional.

Pada ajang yang berlangsung selama delapan hari mulai dari 31 Juli hingga 6 Agustus 2018 ini, tim Indonesia berhasil memperoleh peringkat 9 secara umum dari 43 total negara yang berpartisipasi.

Ke-empat perwakilan Indonesia membawa pulang peraihan medali, ke-empat peserta dari Indonesia tersebut adalah:

  • Fernando dari SMA Sutomo 1 Medan dengan perolehan Medali Perak
  • M. Nadafa Isnain dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dengan perolehan Medali Perak
  • Rizky Amalia Wulandari dari SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan dengan perolehan Medali Perunggu
  • Jamal Habibur Rahman dari SMA Taruna Nusantara Magelang dengan perolehan Medali Perunggu

Sumber : GNFI

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi