Pembukaan Festival Geopark Ciletuh 2018 Pecahkan Rekor Dunia!
55 1 20-02-2017
1 suka
15-10-2018, 14:36:57

Kabar terbaru datang dari Sukabumi. Diketahui bahwa Geopark Ciletuh, Sabtu (13/10) lalu resmi membuka Festival Geopark Ciletuh 2018. Acara yang masuk dalam daftar Calendar of Event Kementerian Pariwisata ini rupanya mendapat antusias yang tinggi dari berbagai kalangan.

Salah satunya, Festival Geopark  Ciletuh 2018 berhasil menyabet rekor dunia sebab mampu menghadirkan 5.853 orang untuk menarikan Tari Jipeng. Dengan pencapaian tersebut Record Holder Republic (RHR) memberikan rekor dunia Tari Jipeng pada gelaran Pembukaan Festival Geopark Ciletuh dengan peserta terbanyak dalam kategori art and culture.

Menariknya, seperti yang disampaikan oleh Vice President RHR melalui CNN Indonesia bahwa catatan jumlah peserta yang mengikuti atraksi Tari Jipeng ialah sebanyak 5113. Namun kondisi tersebut bertambah saat penari mulai beraksi. Apalagi warga dan pengunjung rupanya turut menunjukkan rasa penasaran yang cukup tinggi hingga turut beraksi menjadi peserta.

Diketahui bahwa peserta yang membawakan Tari Jipeng dalam durasi waktu 10 menit ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pejabat pemerintah juga hadir untuk berkontribusi dalam tarian tersebut. Bahkan Bupati Sukabumi dan beberapa jajarannya ikut andil dalam memeriahkan pertunjukan yang ada.

Di sisi lain Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata mengungkapkan bahwa Geopark Ciletuh merupakan destinasi wisata yang luar biasa. Oleh sebab itu ia pun berharap agar Geopark Ciletuh dapat kembali masuk dalam Calender of Event 2019 Kementerian Pariwisata Indonesia.

Lebih lagi Geopark Ciletuh punya beberapa alasan dan nilai tinggi sebab salah satunya telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Tak hanya itu, Festival Geopark Ciletuh turut menyajikan budaya Sunda yang kental, yang tentunya ditonjolkan dengan performa yang luar biasa.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat juga menyebut jika di tahun ini Festival Geopark Ciletuh lebih menyajikan wisata adventure, yang digelar dalam 12  event. Sebagian besarnya ialah event adventure yang sekaligus memperkenalkan juga memperlihatkan keindahan Ciletuh pada pengunjung.

Di lain pihak, Menteri Pariwisata Indonesia turut angkat bicara mengenai pemecahan rekor dunia ini. Baginya rekor yang telah berhasil diterima memiliki nilai yang luar biasa. Apalagi rekor budaya tersebut diciptakan di lokasi yang reputasinya telah mendunia, yang artinya mampu membuat event ini menjadi ikut terdongkrak.

Sumber : GNFI

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi