5 Tips Ampuh Kurangi Rasa Kantuk Saat Baca Buku
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
2 suka
19-02-2016, 15:31:57
Buku menurut KBBI didefinisikan "lembar kertas yang berjilid, berisi tulisan atau kosong". Kami yakin kebanyakan dari Anda bisa terjaga hingga berjam-jam jika bermain komputer, membaca novel dll. Tapi ketika membaca buku pelajaran tiba-tiba terdapat siluman ngantuk yang menghantui mata Anda.
http://www.kesekolah.com/images2/big/2016011914511442413.jpg

Pernah tidak, Anda berpikir apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan bagaimana jika kejadian tersebut diteliti secara langsung. Biasanya gejala ngantuk ibarat lelahnya tubuh Kita. Padahal kita sudah meneggak 3 gelas kopi, tapi tetap rasa kantuk tidak hilang.

Masalah kantuk didasari sebagai hasil dari kurangnya penerangan ketika kita sedang membaca. Karena pada saat kita membaca salah satu elemen di dalam mata, akan menciut ketika mata menerima cahaya.Nah, saat membaca halaman buku, iris akan menciut ketika yang dilihatnya adalah latar belakang halaman, yang berwarna putih. Sementara itu, saat mata membaca teks, yang berwarna hitam, iris akan melebar.

Untuk mengetasi hal-hal tersebut terdapat beberapa solusi yang bisa kamu lihat dibawah ini.

1. Sumber Cahaya

Atur tempat duduk Anda sehingga tidak menghalangi cahaya. Karena dengan membelakangi.

2. Atur Kontras

Jika anda membaca melalui gadget ataupun atur kontras nya.

3. Posisi Lampu

Upayakan pencahayaan dari lampu datang dari arah belakang tubuh kita sehingga cahaya yang jatuh tidak terlalu menyilaukan

4. Topi

Jika Anda membaca buku diluar ruangan, gunakan topi untuk melindungi mata dari sinar matahari. Dengan begitu mata Anda tidak silau dan mengurangi rasa kantuk.

5. Biasakan membaca

Rasa Kantuk ketika membaca merupakan sebuah hal yang wajar apalagi kita jarang melakukannya. Seperti orang yang sudah lama tak berolahraga, pasti merasa lelah kan, sama halnya dengan membaca buku, bagi orang yang tidak terbiasa pasti akan sulit.

Oleh karena itu biasakan membaca agar setelah besar agar terlatih.

Demikitan beberapa tips sederhana ini, semoga dapat mengurani kantuk dan tes darah kan emang baik.


Sumber : kesekolah.com
(0)
07-06-2016 17:13:03
tipsnya sangat bagus
(488)
16-03-2017 10:39:11
sangat membantu
  • 1

 

Reply

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi