5 Tips Jitu untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
15-06-2016, 11:40:04
Salah satu hal yang sangat diperlukan dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu dengan benar dan teliti adalah konsentrasi. Sebagian orang memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal kecil yang mengganggunya, tapi tidak jarang juga ada orang yang mudah terganggu walau hanya dengan hal-hal kecil.
http://www.kesekolah.com/images2/big/2016051810565186889.jpg
Jika Anda memiliki tingkatan konsentrasi yang tinggi, pasti akan mudah melakukan banyak hal dengan teliti, karena melakukan sebuah hal tanpa konsentrasi bukanlah tidak mungkin tapi yang disayangkan adalah hasil dari pekerjaan pasti akan kurang memuaskan, maka dari itu marilah kita tingkatkan konsentrasi dengan beberapa tips sederhana berikut ini.

1. Jangan Melamun.
Melamun memang bukan sepenuhnya menjadi hal yang tidak berguna, tapi cobalah untuk menempatkannya diwaktu-waktu tertentu, jangan melamun ketika melakukan hal-hal lain, karena ini dapat membuyarkan konsentrasi dan juga dapat membuat Anda malas. Hasilnya akan menunda pekerjaan Anda sehingga pekerjaan itu tidak akan tuntas dengan sempurna.

2. Perlu Istirahat.
Dalam melakukan hal yang rumit memang tidak melelahkan otot, tapi pasti melelahkan otak, jadi janganlah menggunakan otak terlalu lama sampai ber-jam-jam. Bukan cuma tubuh perlu istirahat, tetapi otak juga perlu waktu untuk beristirahat, karena jika kita memaksakan kinerja otak, konsentrasi akan berkurang. Oleh karena itu sediakan-lah waktu untuk otak beristirahat setidaknya satu jam.

3. Lakukan peregangan otot.
Kita tahu bahwa darah adalah kendaraan yang membawa oksigen ke otak agar kita dapat dengan mudah berkonsentrasi, jadi jika Anda melakukan beberapa hal yang melelahkan otak, maka yang pertama perlu Anda lakukan adalah istirahat. Tips ini bisa juga ditambahkan dengan sedikit peregangan otot dengan cara menggerakkan tangan atau kaki, mengubah posisi duduk ataupun melakukan sedikit senam-senam kecil.

4. Fokus dalam satu hal.
Jika kita mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, rasanya sangatlah mustahil. Kita tidak mungkin bisa berkonsentrasi untuk banyak hal dalam satu waktu, maka kerjakanlah satu hal dalam satu waktu saja, selain menambah konsentrasi dalam hal tersebut juga membuat perkerjaan itu terselesaikan dengan sangat memuaskan.

5. Liburan.
Jika pikiran Anda sudah terbebani dengan banyak hal dan anda sudah tidak sanggup lagi untuk berkonsentrasi dengan bagus, maka jalan keluarnya adalah liburan. Cobalah untuk berlibur ke tempat-tempat wisata yang menyenangkan, hal ini bertujuan agar otak Anda ter-refresh kembali.

Itulah beberapa tips-tips untuk meningkatkan konsentrasi Anda, semoga ini bermanfaat
bagi Anda.


Sumber : kesekolah.com
(0)
10-09-2016 00:55:10

5 Tips Jitu untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi

THank tipsnya, kebetulan saya kadang suka susah konsentrasi,,
  • 1

 

Reply

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi