11 Hal ini Membuat Yogya Unik dan Istimewa
aswin (612)
27 0 20-01-2017
2 suka
08-06-2018, 10:22:22

DIY adalah akronim untuk Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi salah satu kota budaya di Indonesia. Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman.

Yogyakarta juga tempat wisata yang sering dikunjungi setelah pulau Bali sehingga menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara dan lokal. Di balik itu, ada beberapa hal mengapa Yogyakarta dikenal unik dan menjadi istimewa. Berikut alasannya :

1.Yogyakarta memiliki nama lain terbanyak. Nama-nama itu adalah Jogja, Yogya, Jogjakarta, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat.

2. Satu-satunya nama kota yang dapat dipotong/ dipenggal. Kata Yogyakarta bila dipenggal menjadi Yogya. Begitu pula untuk kata Jogjakarta menjadi Jogja.

3. Kota dengan sebutan terbanyak di Indonesia, Seperti: Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Seniman, Kota Bakpia. Bisa juga disebut kotanya Gunung Merapi atau Kota Geplak.

4. Provinsi DIY dengan Ibukota Yogyakarta pernah menjadi ibukota negara Indonesia  sebelum dipindahkan lagi ke Jakarta. Sekitar awal tahun 1946 hingga akhir tahun 1949 ibu kota Indonesia dipindah ke Yogyakarta kemudian dipindah kembali ke Jakarta.

5. Banyak tokoh besar Indonesia lahir di Yogyakarta. Beberapa tokoh itu adalah Presiden Soeharto, Presiden Megawati, Mantan Ketua MPR Amien Rais, Wapres Boediono, Pelukis Affandi, Anies Baswedan, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa tokoh besar lainnya pernah mengenyam pendidikan di universitas yang ada di Yogyakarta. Sebut saja Presiden Jokowi dan menteri di Kabinet kerja saat ini.

6. Tempat kelahiran organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan tempat kelahiran Taman Siswa.

7. Tugu Yogya adalah salah satu landmark Kota Yogyakarta. Padahal bentuk aslinya bukan seperti itu. Tugu asli itu bernama tugu Golo Gilig, yang rusak karena gempa kemudian direnovasi menjadi seperti bentuk sekarang.

8.Pembangunan Kraton kesultanan Yogyakarta dan Tugu  dibangun lurus dgn pantai selatan Jawa dan Gunung Merapi. Seakan terdapat garis imaginer yang menghubungkannya (Gunung Merapi - Tugu Jogja - Kraton Yogya - Pantai Selatan)

9. Walaupun ibukota negara Indonesia di Jakarta, Yogyakarta terdapat Istana Presiden (Gedung Agung) di Jalan Margamulya. Tercatat, Mantan Preiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah berkantor (sementara) di Gedung Agung Yogyakarta termasuk Presiden Jokowi.


10. Selokan Mataram adalah saluran air yg dibangun pada masa pendudukan Jepang. Saluran air ini menghubungkan antara Sungai Opak dgn Kali Progo. Menurut legenda, Sunan Kalijaga pernah berkata bahwa apa bila Sungai Opak dan Kali Progo digabungkan maka rakyat Jogja akan makmur. Selokan mataram digunakan oleh rakyat Jogja untuk mengairi lahan pertanian di daerah Jogja sehingga saat musim kemarau rakyat Jogja masih bisa bercocok tanam.

11. Dilihat dari satelit ternyata Pantai Parang Kusumo, Kraton Yogyakarta, Tugu, dan Gunung Merapi berada dalam satu garis lurus. Filosofinya bahwa tugu merupakan simbol "manunggaling kawulo gusti" yg berarti bersatunya antara rakyat dengan penguasa. Merapi dan pantai merupakan titik api dan air. Kraton yang dibangun ditengah merapi dan pantai merupakan titik keseimbangan antara keduanya.

Kraton merupakan titik keseimbangan vertikal dan horizontal. Keseimbangan horizontal dilambangkan oleh laut selatan yang menggambarkan hubungan antara manusia dan manusia. Sedangkan keseimbangan vertikal dilambangkan oleh gunung merapi yg menggambarkan hubungan manusia dengan sang pencipta.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi