Kasih Salam Tempel Udah Basi, Ini Dia yang Lebih Keren!
aswin (612)
27 0 20-01-2017
3 suka
12-06-2018, 11:08:11

Sebentar lagi lebaran datang. Selain opor ayam dan kering kentang, apalagi yang identik dengan momen kemenangan umat Muslim ini? Yoi, kalau bukan salam tempel apalagi sih? Kebiasaan bersalaman sambil memberikan uang ditengah jabat tangan memang sudah jadi budaya bangsa kita.
Salam tempel jadi hal yang ditunggu oleh anak kecil. Gimana enggak, siapa sih anak kecil yang gak mau dapat uang yang bisa digunakan untuk jajan? Kamu punya ponakan yang menanti salam tempel dan gak mau mengecewakan mereka? Apakah kamu belum bisa bagi-bagi uang, atau enggan, menghujani mereka dengan materi? Ada cara lain kok berbagi sama ponakan dan bocah-bocah selain via uang salam tempel.

1. Kasih Buku
Anak-anak sekarang kebanyakan tenggelam di depan tablet digital mereka. Asyik main game, asyik buka media sosial, asyik ngobrol sama teman-teman mereka lewat berbagai messenger. Sampai mereka lupa kenikmatan duduk dan membaca buku, tanpa harus terpecah perhatiannya.

2. Ajak Mereka Jalan-Jalan
Bilang sama ponakan-ponakanmu: “Maaf ya, tahun ini Tante/Oom gak bisa kasih uang. Tapi Tante/Oom cuma bisa bawa kalian jalan-jalan”. Penuhi tangki bensin kendaraanmu sebagai amunisi untuk membawa mereka kemanapun mereka mau.

3. Mendongeng Untuk Mereka
Mendongeng adalah kebiasaan lama yang sudah banyak ditinggalkan. Padahal membacakan dongeng ke anak kecil bisa memberikan banyak keuntungan. Dongeng, adalah media yang baik untuk mengajarkan anak-anak nilai kemanusiaan. Lewat dongeng, pesan yang berat bisa dikemas dengan ringan.

4. Kemping Bareng
Jalan-jalan dan tidur di alam bebas bisa jadi kemewahan untuk anak jaman sekarang. Jangankan tidur dibawah langit, tanah aja kadang mereka gak kenal kok karena orang tuanya tinggal di apartemen. Kalau kamu bisa menemukan spot kemping yang aman bagi anak-anak, coba deh ajak keponakanmu kemping sebagai pengganti salam tempel darimu. Libatkan mereka dalam semua aktivitas. Mulai dari menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk berkemah, membangun tenda, sampai memasak. Tinggalkan semua gadget dan bersenang-senanglah di alam bebas.

5. Bikin Api Unggun
Ingat gak bagaimana senangnya kamu saat perkemahan Sabtu-Minggu dan ada api unggun yang bisa dinikmati? Api unggun memang jadi pusat perhatian buat anak kecil. Nah, ini bisa jadi ganti salam tempelmu untuk mereka. Daripada kasih recehan, pakai uangnya untuk membuat api unggun yang tidak akan bisa dilupakan.
Cari tempat asyik dan lapang yang tidak mengganggu warga untuk membuat api unggun. Kalau tidak ada lahan kamu juga bisa memanfaatkan drum sebagai media untuk membuat api unggun. Sembari melihat kayu terbakar, ciptakan permainan agar waktu tidak terasa membosankan.

Itu beberapa tips yang bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi pemberian salam tempel bagi anak-anak. Happy Ramadhan....
 

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi