9 Fakta Mengenai Asian Games
(723)
55 1 20-02-2017
3 suka
20-08-2018, 15:03:51

Perhelatan akbar Asian Games 2018 akan resmi dibuka pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Kegiatan tersebut pun akan berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Dalam keberadaannya, Asian Games memiliki sejarah yang panjang. Asian Games 2018 sendiri merupakan event yang diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA) yang saat ini memasuki edisi ke-18.

Dilansir dari Viva, berikut sejumlah fakta menarik mengenai Asian Games yang, mungkin, jarang diketahui publik.

1. Asian Games merupakan gelaran olahraga yang memiliki level di atas SEA Games. Sebab, Asian Games adalah turnamen yang berada di tingkat Asia, yang diikuti oleh lebih dari 40 negara. Sedangkan, SEA Games merupakan turnamen Asia Tenggara yang hanya diikuti oleh 11 negara.

2. Asian Games merupakan turnamen multievent yang diselenggarakan empat tahun sekali dan diikuti oleh seluruh negara-negara Asia.

3. Sebelumnya, Asian Games telah digelar sebanyak 17 kali. New Delhi, India merupakan tuan rumah Asian Games pertama yang digelar di tahun 1951.

4. Dari 17 kali penyelenggaraan Asian Games, hanya dua negara yang berhasil meraih status sebagai juara umum yakni Jepang sebanyak delapan kali dan China, sembilan kali.

5. Sepanjang perjalanan Asian Games, dihitung hanya ada sembilan negara yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games. Thailand pun disebut sebagai negara yang sering menjadi tuan rumah, yakni sebanyak empat kali.

6. Ada 43 negara yang, setidaknya, pernah meraih satu medali di pesta olahraga Asia tersebut. Sementara itu, terdapat tiga negara Asia yang belum pernah meraih medali yakni Bhutan, Maladewa, dan Timor Leste.

7. Dalam keberadaannya, Israel telah resmi dicoret dari Asian Games sejak tahun 1976 karena alasan keamanan. Oleh sebab itu, Israel kini bergabung menjadi anggota EOC dan berlaga dalam Europan Games.

8. Lebih lagi melalui Metro News turut disampaikan bahwa Asian Games 2018 yang kali ini dihelat di Indonesia diikuti oleh kurang lebih 15 ribu atlet dari 45 negara termasuk negara tuan rumah.

9. Asian Games 2018 mempertandingkan 40 cabang olahraga, yang di dalamnya terdapat 10 cabang olahraga baru. Seperti halnya basket 3x3, pencak silat, rollersport, jet ski, panjat tebing, bridge, kabaddi, jiu jitsu, kurash, dan paralayang.

Itulah tadi sembilan fakta mengenai Asian Games. Untuk semua kawan GNFI, jangan lupa terus dukung dan beri semangat terhadap atlet Tanah Air yang hendak bertanding ya. Semoga Indonesia dapat berkibar di ajang Asian Games 2018 kali ini.

Bangga Indonesia!

Sumber : GNFI

 

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi