Sekolah Ini Pakai Pengenal Wajah untuk Cegah Siswa Tidur di Kelas
aswin (612)
27 0 20-01-2017
2 suka
29-08-2018, 09:33:14


Mengantuk di tengah pelajaran saat di dalam kelas tentu bukan hal baru bagi para siswa. Namun, siswa-siswa di salah satu sekolah Tiongkok tampaknya akan sulit curi waktu tertidur di kelas. Pasalnya, sekolah yang menerapkan teknologi tinggi, Face Recognition (Pengenalan Wajah) itu akan menggunakan kamera berbasis teknologi kecerdasan buatan dengan kemampuan pengenalan wajah yang canggih. Pengenalan wajah sendiri bakal digunakan untuk mengenali wajah-wajah siswa yang tidak memperhatikan saat pelajaran tengah berlangsung.

Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (19/5/2018),sistem manajemen kelas pintar ini telah dipasang di SMP Hangzhou No.11, Tiongkok. Sistem ini akan memantau ekspresi dan gerakan-gerakan siswa di kelas. Tak lupa, sistem juga akan menganalisa dengan big data untuk memastikan siswa benar-benar memperhatikan saat kelas tengah berlangsung. Sistem pengenalan wajah juga akan mengenali saat siswa benar-benar memperhatikan atau ketika mereka tertidur di bangku kelas.

Sistem ini disebut-sebut bisa mendeteksi ekspresi wajah senang, marah, atau takut dari siswa-siswi. Para siswa pun akan diberi skor secara real-time yang dapat dilihat oleh guru di layarnya. "Sistem ini hanya mengumpulkan ekspresi wajah siswa serta informasi kebiasaannya. Ini juga bisa meningkatkan interaksi yang baik antara para guru dan siswanya," kata Wakil kepala Sekolah Zhang Guanqun.

Masih menurut Zhang, para siswa telah mulai menerima hasil pemantauan tersebut setelah adanya uji coba selama sebulan. Zhang juga mengklaim, sistem tersebut telah berhasil memperbaiki perilaku siswa ketika berada di dalam kelas. Tiongkok memang belakangan ini gencar menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan pengenalan wajah untuk berbagai hal. Misalnya saja untuk memverifikasi pembayaran, hingga upaya menangkap kriminal di tempat umum.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi