7 Cara mempersiapkan metode belajar anak yang menyenangkan
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
2 suka
28-06-2019, 16:37:43

Salah satu faktor yang bisa membantu anak Anda sukses di sekolahnya adalah metode belajar yang tepat. Mengingat, masing-masing anak punya cara belajar yang sesuai dengan dirinya sendiri. Bagaimana menyiapkan metode belajar anak yang menyenangkan?

Rangkaian tips berikut mungkin bisa membantu anak Anda belajar secara lebih efektif dan efisien!
 

7 Cara persiapkan metode belajar anak yang menyenangkan

1. Siapkan ruang belajar

Jika ada area atau sudut kosong di rumah, persiapkan ruang belajar yang kondusif bagi anak. Rapikan ruangan senyaman mungkin, kemudian simpan atau buang barang tidak penting.

Jika ada mainan atau buku bahan pelajaran sebelumnya tak terpakai, Anda bisa mendaur ulang atau menyumbangkannya pada mereka yang mungkin membutuhkan. Ruangan belajar yang nyaman juga bisa membantu metode belajar anak jadi terasa menyenangkan.

2. Siapkan satu set alat tulis lengkap

Alat tulis ini tidak harus baru, yang penting lengkap sesuai apa yang dibutuhkan si kecil, seperti pensil, penghapus, pulpen, penggaris, pensil warna, buku-buku tulis baru, dan lain sebagainya.

Tempatkan satu set alat tulis tersebut pada satu wadah atau tempat yang mudah dijangkau anak Anda. Jadi jika ia butuh sesuatu, ia tidak akan repot mencarinya.

3. Ajarkan si kecil menggunakan agenda

Untuk membantunya lebih disiplin dan teratur terhadap tugas-tugasnya, Anda bisa mengajarkan si kecil menggunakan catatan agenda untuk membuat to-do-list hal apa saja yang harus ia lakukan.

Agenda ini bisa ia gunakan untuk mencatat list pekerjaan rumah minggu ini, atau tugas apa saja yang harus dikumpulkan di minggu ini, beserta deadline-nya.

Anda bisa membuat agenda si kecil dengan gambar-gambar yang lucu pada ruang belajarnya, untuk menciptakan metode belajar anak yang menyenangkan.

4. Siapkan kalender acara dan kegiatan

Di ruangan belajarnya, Anda juga bisa menyiapkan kalender khusus untuk mencatat daftar acara penting yang akan direncanakan. Anda bisa tuliskan beberapa acara dan kegiatan besar, seperti rencana liburan keluarga dan ujian penting, sebagai “goals” anak.

5. Buat kesepakatan

Parents bisa membuat kesepakatan dengan anak, jika ia berhasil mendapatkan nilai bagus misalnya. Tak ada salahnya, Anda memberlakukan rewards untuknya, sebagai target atau goals mencapai prestasinya. Misalnya, menjanjikan liburan mewah atau jalan-jalan ke taman rekreasi yang ia inginkan. Hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi si kecil untuk belajar lebih giat.

6. Cari tahu cara belajar yang sesuai bagi anak

Setiap anak memiliki cara belajarnya masing-masing. Lakukan pendekatan dengan si kecil ketika ia belajar untuk mengetahui bagaimana cara si kecil belajar. Temukan apa yang menjadi kelebihan dan dominasinya dalam belajar. Metode belajar anak yang sesuai akan membantunya sukses menghadapi pelajaran di sekolah.

7. Rencanakan bonding bersama keluarga

Cara terakhir tak kalah penting, rencanakan waktu untuk mempererat ikatan di antara keluarga dengan melakukan kegiatan bersama.

Anda bisa pertimbangkan tamasya keluarga, atau sekadar berjalan-jalan dan makan di luar rumah saat akhir pekan untuk menghibur anak setelah bersekolah di hari-hari biasa.

Anda juga bisa mengajak anak dalam kegiatan-kegiatan yang sedikit menantang, namun menyenangkan, seperti kegiatan outbond atau permainan baru lain yang belum pernah ia coba sebelumnya.

Itulah 7 tips untuk membantu menciptakan metode belajar anak yang menyenangkan agar ia lebih siap dan percaya diri menghadapi tantangan di sekolah.

 

Sumber : id.theasianparent.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi