Cara Pindahkan Chat WhatsApp kalau Kamu #2019GantiHape
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
29-06-2019, 19:21:12

Tahun baru, bisa jadi kamu juga berganti ke ponsel anyar. Nah kalau kamu pengusung #2019GantiHape, berikut cara memindahkan chat WhatsApp ke hape baru.

Saat berganti ponsel salah satu hal yang jadi perhatian utama saat ini mungkin adalah perkara history percakapan WhatsApp yang ada di hape lama. Bisa jadi ada chat penuh kenangan, atau amat berkesan, sehingga ingin terus kamu simpan.



Pada dasarnya, tidaklah sulit untuk memindahkan riwayat chat WhatsApp, sehingga pada hape barumu sudah ada seluruh percakapan yang sebelumnya ada di smartphone lamamu.

Berikut cara-cara memindahkan chat WhatsApp dari ponsel lama ke hape baru yang bisa kamu coba dan juga disarankan secara resmi oleh situs resmi WhatsApp:

Cara Pindahkan Chat WhatsApp via Google Drive

WhatsApp versi lebih baru sudah memiliki kemampuan untuk melakukan pencadangan secara otomatis ke Google Drive. Cara ini amat praktis apalagi cadangan WhatsApp sekarang tidak lagi memakan kuota penyimpanan Google Drive.

Untuk mencadangkan ke Google Drive, kamu tinggal mengetuk titik tiga di pojok kanan atas dan kemudian secara berurutan masuk ke Settings (Setelan) > Chats > Chat backup (Cadangan chat).

Dari sini kamu bisa melakukan pengaturan lebih jauh terkait dengan proses pencadangan ke Google Drive, termasuk secara otomatis atau manual sesuai dengan keinginanmu. Juga apakah proses itu bisa dilakukan pada jaringan seluler atau Wi-Fi saja.

Nah, yang harus kamu perhatikan di sini adalah informasi di bagian atas mengenai kapan kali terakhir chat WhatsApp di perangkat lamamu dicadangkan.

Jika cadangan yang ada di Google Drive belum termasuk chat teranyarmu, maka kamu mesti mengetuk tombol Back Up (Cadangkan) untuk memulai proses. Tentu saja itu dengan asumsi kamu sudah menautkan akun Google di ponsel, jika belum kamu tetap bisa menambahkan saat itu juga. Oya, jangan lupa perhatikan kuota internetmu jika mencadangkan melalui jaringan seluler.

Setelah semua proses ini beres, kamu tinggal bersiap untuk pindah ke hape baru. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menginstall WhatsApp di perangkat anyar itu dan berikutnya akan muncul pertanyaan untuk memulihkan riwayat chat dan media dari cadangan setelah memverifikasikan nomor telepon. Cukup ketuk Restore (Pulihkan) ketika diminta.

Cara Pindahkan Chat WhatsApp secara Manual

Selain secara otomatis via Google Drive, proses pencadangan dan pemulihan riwayat chat WhatsApp saat ganti ponsel juga bisa dilakukan secara manual. Situs resmi WhatsApp mencatat bahwa untuk itu kamu perlu mentransfer semua file ke hape yang baru dengan menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD.

Yang pertama-tama bisa kamu lakukan adalah mengecek apakah data-datamu tersimpan di kartu memory eksternal pada ponsel lama (folder /sdcard/WhatsApp/). Jika begitu, dan ponsel barumu juga akan menggunakan kartu memory eksternal sebagai penyimpanan utama, kamu bisa langsung memindahkan SD card tersebut dari ponsel lama ke perangkat baru.

Jika datamu tidak disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/, situs WhatsApp menyebut besar kemungkinan data itu tersimpan di bagian penyimpanan internal smartphone.

Bagaimana jika seperti itu? Sebuah artikel dari AndroidPit.com memberikan solusi yang cukup jitu buat sejumlah pengguna. Apalagi ponsel-ponsel yang lebih baru memang menempatkan data-data WhatsApp itu di bagian internal.

Yang pertama bisa kamu lakukan adalah menghubungkan smartphone lama ke PC lewat kabel USB lalu masuk ke penyimpanan internal perangkat itu di bagian folder WhatsApp/Databases.

Di sini semua data cadangan chat WhatsApp tersimpan disertai tanggal, semisal "msgstore-2018-12-29.db.crypt12". Yang harus kamu lakukan adalah meng-kopi file macam itu dengan tanggal penciptaan paling baru dari hape ke PC. Akan ada pula file backup otomatis yang biasanya memiliki nama file semacam "msgstore.db.crypt12" di folder ponsel, tapi yang ini tidak perlu kamu utak-atik. Tak disarankan pula sembarangan mengubah-ubah ekstension crypt.

Install WhatsApp ke hape barumu, tapi jangan dibuka lebih dulu. Berikutnya hubungkan smartphone anyar itu ke PC via kabel USB. Karena WhatsApp sudah terinstall di perangkat baru, folder WhatsApp/Databases mestinya sudah ada. Tapi kalau belum, kamu bisa membuat folder "Databases" secara manual di dalam folder WhatsApp tersebut.

Berikutnya kamu tinggal mem-paste cadangan riwayat WhatsApp (yang sebelumnya sudah di-copy dari ponsel lama dan tersimpan di PC) ke dalam folder tersebut. Setelah beres, mulailah membuka aplikasi WhatsApp di perangkat baru dan verifikasi nomor teleponmu. Kamu mestinya akan mendapat notifikasi bahwa ada backup yang ditemukan dan kamu cuma perlu mengetuk Restore (Pulihkan).

Bagaimana kalau ganti hape dengan OS berbeda, semisal dari iPhone ke ponsel Android atau sebaliknya? Tanpa menggunakan aplikasi dari third party, yang memiliki risiko tersendiri, sejauh ini belum ada cara resmi untuk memindahkan chat WhatsApp dari OS berbeda.

Nah, kini kamu para pengusung #2019gantihape bisa mencoba cara memindahkan chat WhatsApp ini dari ponsel lama ke perangkat baru.


(krs/agt)

sumber : https://inet.detik.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi