Layanan Tumbang Ungkap Cara Kerja AI Milik Facebook
109 86 27-02-2013
0 suka
05-07-2019, 09:08:09

detikInet - Tumbangnya layanan Facebook pada Rabu malam (3/7/2019) WIB menguak sesuatu yang cukup menarik. Sejumlah pengguna mendapati bagaimana sekilas cara kerja kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) milik perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu.

Jadi selama layanannya down, Facebook tidak dapat menampilkan foto yang telah diposting pengguna. Hanya terlihat keterangan pada gambar saja.

Nah, inilah yang menarik. Keterangan pada foto berisi tag yang dibuat oleh machine learning dari AI punya Facebook. Sistem ini menganalisis gambar dan memberikannya kategori.

Misalnya dalam sebuah foto tertera "image may contain: people smiling, people dancing, wedding and indoor" atau hanya "image may contain: cat."

Rupanya metode ini tidak hanya diterapkan pada Facebook. Foto-foto yang ada di Instagram pun dianalisis dengan cara yang sama.

Facebook memang diketahui telah menggunakan machine learning untuk membaca gambar-gambar yang diposting pengguna sejak April 2016. Mulanya proyek ini untuk membantu pengguna yang mengalami gangguan penglihatan. Mereka menggunakan tag untuk mendeskripsikan foto dan video.

Tidak jelas apakah Facebook menggunakan informasi yang sama untuk menargetkan iklan. Namun yang pasti mereka telah mendapat data yang begitu banyak dari foto yang pengguna upload, misalnya apakah soal hewan peliharaan, hobi, pekerjaan dan lain-lain.

Terlepas dari bagaimana informasi tersebut akan digunakan, setidaknya membuka mata bagaimana dunia visual telah dibaca oleh mesin. Peningkatan teknologi deep learning telah merevolusi kemampuan mesin ketika menganalisis gambar seperti membaca teks.

(afr/krs)

Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife

 

Download SISKO di Google Playstore (FREE)

Pesan

Notifikasi