5 Olahraga untuk Anak Ini Bermanfaat bagi Tumbuh Kembangnya
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
3 suka
26-07-2019, 11:14:59

Sebelum memasuki era gadget, anak-anak biasanya menghabiskan waktu dengan berlarian ke sana dan sini, memainkan permainan yang mengharuskan mereka bergerak.

Zaman sekarang, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah atau ruangan; bermain dengan gadget, mengamati lini masa media sosial, menonton televisi, atau belajar untuk persiapan hari esok di sekolah. Walaupun mungkin kegiatan-kegiatan indoor seperti ini tidak sepenuhnya salah atau buruk, tetap penting bagi perkembangan anak untuk menjaga keseimbangan antara melakukan kegiatan pasif dan bergerak.

Studi menunjukkan bahwa anak yang aktif, selain secara fisik lebih sehat, dapat berpikir yang lebih aktif dan berkonsentrasi lebih baik di sekolah.

Berikut adalah jenis-jenis olahraga untuk anak terbaik yang harus Parents ketahui:

1. Baeball / Softball

Baseball baik untuk anak karena olahraga ini melibatkan 2 hal yang anak sukai; berlari dan menangkap. Baseball dapat meningkatkan kemampuan koordinasi antara tangan dan mata pada anak, kekuatan fisik, keseimbangan, dan juga nilai-nilai lain seperti kerja sama tim dan kepemimpinan.

2. Sepakbola

Tidak hanya seru untuk dimainkan, sepak bola juga memiliki banyak manfaat bagi kondisi fisik anak. Manfaat-manfaat tersebut antara lain: membantu ketahanan sistem peredarah darah pada tubuh, melatih kekuatan otot, kelenturan, koordinasi, dan keseimbangan. Selain itu, olahraga ini dapat mengajarkan anak kedisiplinan, kerja sama tim, dan sportivitas.

3. Bersepeda

Bukan hanya menyenangkan, olahraga ini menjadi lebih menarik karena dapat dilakukan bersama keluarga. Parents dapat merencanakan kegiatan bersepeda di akhir pekan bersama anak dan dilanjutkan dengan berpiknik.

Sepeda merupakan sarana transportasi yang baik untuk dan sangat ramah lingkungan. Dengan memulai kebiasaan bersepeda sedari dini, anak dapat terbiasa menggunakan sepeda untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari. Pastikan Parents memberi perlengkapan tambahan untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak selama bersepeda.

Bersepeda dapat meningkatkan kekuatan kaki, keseimbangan, koordinasi, dan dapat membantu mengontrol berat badan. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kesadaran akan lingkungan dan mempererat hubungan dengan keluarga.

4. Inline Skating

Parents mungkin agak khawatir anak jatuh dan terluka saat melakukan olahraga yang satu ini. Selama anak dilengkapi dengan pelindung kepala, lengan dan lutut, serta diajari dengan benar, maka masalah besar dapat terhindarkan. Pilih inline skate yang memiliki standar keamanan yang baik dan dilengkapi dengan rem.

Manfaat inline skating antara lain: melatih keseimbangan, koordinasi, kelenturan, kekuatan otot, dan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Anak berusia 4-5 tahun sudah dapat mulai diperkenalkan dengan olahraga ini. Tetap awasi mereka selama bermain, ya, Parents!

5. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah salah satu kegiatan yang paling sederhana dan paling fleksibel yang dapat dilakukan oleh anak karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Olahraga ini dapat menjadi pilihan bagi anak yang tidak memiliki ketertarikan terhadap permainan-permainan yang sifatnya kompetitif seperti sepak bola atau baseball.

Banyak pilihan lokasi dan ‘tema’ yang dapat diambil untuk melakukan olahraga ini. Apabila sang buah hati ingin suasana yang tenang, ia dapat melakukannya di taman di dekat rumah. Apabila ia ingin merasakan sensasi petualangan, Parents bisa mengajaknya untuk menelusuri bukit atau hutan kota.

Manfaat dari berjalan kaki antara lain: meningkatkan keseimbangan, koordinasi, kekuatan kaki, dan membantu menjaga berat badan yang ideal. Melakukan olahraga ini bersama keluarga juga dapat membantu mempererat ikatan antara orangtua dan anak.

Dukung anak agar terus aktif bergerak, ya, Parents!

 

Sumber :
https://id.theasianparent.com/olahraga-untuk-anak

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi