Agar Kolesterol Terkontrol Selama Puasa, Rutinlah Makan Bayam
Luna (20)
14 2 19-03-2013
1 suka
08-07-2013, 11:17:06
Hari pertama puasa bisa membuat Anda kalap menyantap hidangan berbuka. Kolak, gorengan dan nasi bisa dilahap sekaligus. Meski perut kenyang, namun harus hati-hati pasalnya kadar kolesterol bisa meningkat tiba-tiba.

Kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu perlu kontrol asupan makanan. Sebaiknya sertakan makanan ini saat sahur atau berbuka puasa.

Bawang putih
Sejak jaman Mesir Kuno, bawang putih diketahui kaya nutrisi. Menurut sebuah penelitian, bawang putih dapat membantu menghentikan plak untuk mencegah menempelnya lemak jahat atau kolesterol di dinding arteri. Bawang putih juga bisa mencegah pembekaun darah dan menurunkan tekanan darah.
Kunyit
Komponen aktif yang ada di dalam kunyit berperan penting dalam mencegah penumpukan plak lemak jahat. Sedangkan zat circuminnya merupakan antioksidan yang bertundak untuk melawan radikal bebas dan mencegah oksidasi LDL (lemak jahat).
Bayam
Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung lutein. Jika dikonsumsi setiap hari dipercaya dapat mencegah serangan jantung dengan membantu dinding arteri mengahalangi jalannya kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyumbatan
Brokoli
Kandungan serat dalam brokoli bisa membantu mengeluarkan kadar asama pada empedu. Saat asam empedu meningkat, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun. Karena itulah, brokoli diyakini dapat menjaga kesehatan jantung.
Teh Hijau
Minuman pokok warga Asia Timur ini dapat mengeluarkan lemak jahat di tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang rutin minum the hijau dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 2-5%. kadar flavonoid di dalamnya yang berperan dalam mencegah oksidasi kolesterol LDL.

( Sumber : detik.com )

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi