Cara Terbaik Memasak Sayuran Hijau Agar Tetap Bergizi
35 0 29-07-2019
377 suka
30-09-2019, 16:19:51

Cara Terbaik Memasak Sayuran Hijau Agar Tetap Bergizi

Jakarta, CNN Indonesia -- Sayuran hijau memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Namun cara memasak yang salah akan membuat aneka santapan dari sayuran hijau tak akan menarik.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tak suka makan sayur.

Warna hijau yang hilang dari sayuran disebabkan oleh adanya reaksi antara sayuran dengan air panas.


Beberapa orang menambahkan garam untuk menjaga warna sayurannya tetap hijau. Hanya saja ini tak terlalu ampuh untuk membuat sayuran jadi tetap hijau cerah.

Koki selebriti Heston Blumenthal mengungkapkan bahwa garam akan meningkatkan suhu air mendidih, ketika sayuran ditambahkan di dalamnya, garam ini akan mencegah enzim perusak warna hijau.

Mengutip Guardian, Blumenthal dan Peter Barham, seorang dosen fisika di Universitas Bristol mengungkapkan kunci dari menjaga warna hijau sayuran adalah dengan mengontrol kalium dalam air rebusan.

"Faktor terpenting adalah kualitas air itu sendiri dan jumlah kalsium yang dikandungnya. Kalsium adalah musuh sayuran hijau. Kadar kalsium tinggi akan menyebabkan sayuran berubah warna," katanya.

"Jadi selama air di rumah tak tinggi kalsium (tak lebih dari 20mg per liter), sayuran bakal tetap hijau jika dimasak dengan tepat."

Namun bukan cuma urusan tampilan, salah cara masak sayuran hijau juga berpotensi merusak berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sayuran hijau tersebut.
Lalu bagaimana cara memasak sayuran hijau yang tepat?

Mengutip berbagai sumber, sayuran hijau mentah mengandung asam oksalat, senyawa organik yang mencegah tubuh Anda menyerap kalsium dan zat besi.

Memasak sayuran hijau akan memecah asam oksalat sehingga tubuh bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi ini.

Cara terbaik untuk memasak sayuran hijau adalah dengan mengukusnya. Dikukus bukan direbus. Tempatkan sayuran hijau di dalam penyaring di atas pengukus. Masak selama 7-10 menit.
"Merebus sayuran akan menyebabkan vitamin larut air seperti C, B1, dan folat larut dalam air. Kecuali Anda akan minum air rebusannya bersama sayuran," kata Elaine Magee, penulis buku Food Synergy: Unleash Hundreds of Powerful Healing Food Combinations to Fight Disease and Live Well dikuti dari CNN.

ilustrasi sayuran hijau

"Mengukus adalah cara yang terbaik karena sayuran tak bersentuhan langsung dengan air mendidih."

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190926120215-262-434230/cara-terbaik-memasak-sayuran-hijau-agar-tetap-bergizi

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi