E RKAS online SMK
Sisko (490)
72 0 18-02-2014
0 suka
03-10-2019, 09:36:08

Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMK swasta, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) tersedia dalam bentuk aplikasi. Aplikasi RKAS adalah Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, selanjutnya disingkat Aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Aplikasi RKAS adalah untuk membuat pengelolaan dana satuan pendidikan menjadi transparan dan akuntabel. Oleh karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyiapkan Aplikasi RKAS yang terintegrasi secara nasional untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, dan pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sumber lainnya yang diterima oleh satuan pendidikan.

Untuk mendukung penggunaan Aplikasi RKAS, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengeluarkan Surat Edaran nomor: 4313/D/PR/2019 tentang Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Surat edaran tersebut ditujukan kepada Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia agar menginstruksikan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan.

Sesuai dengan arahan bapak Mulyadi selaku Tim BOS pengelola tingkat provinsi bahua untuk SMK Swasta akan dimulai tahun 2020 setelah mereka berkoordinasi dengan pihak direktorat dan mendapatkan akun untuk setiap lembaga pendidikan SMK Swasta. Oleh karena itu peran operator sangat dominan sekali dalam mengupload data  perancanaan anggaran tersebut , mau tidak mau seorang operator harus memiliki keterampilan IT yang memadai sehingga tidak terjadi kesalahan  dalam penguploadtan data informasi tersebut. 

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi