7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik
35 0 29-07-2019
741 suka
04-10-2019, 09:27:17

Manajemen waktu adalah salah satu kemampuan yang paling berharga di dalam hidup kamu baik untuk kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional. Kalau kamu tidak mampu mengatur waktumu menjadi lebih efektif, cepat atau lambat hidupmu akan berantakan lho!
Ada yang masih belum tahu ga manajemen waktu itu apa? Jadi manajemen waktu itu adalah gimana cara kamu mengoordinasikan semua tugas-tugas dan aktivitas kamu untuk memaksimalkan usaha kamu sebagai pribadi yang produktif dan efektif. Artinya kamu bisa melakukan pekerjaan secara total dengan waktu yang cukup.

Enak banget kan kalau semuanya sudah teratur dengan baik. Jadi tidak ada namanya lagi dikejar-kejar deadline deh.

Nah, supaya kamu jadi lebih produktif, kamu bisa meniru tips berikut.

1. Bangun pagi, jadi kamu punya hari panjang yang bisa dimanfaatkan

7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

Kita semua punya jatah waktu yang sama setiap harinya yaitu 24 jam. Jadi gak mungkin untuk meminta jatah tambahan waktu. Hal yang bisa kita lakukan adalah bangun lebih cepat dari hari-hari sebelumnya.

Idealnya tubuhmu membutuhkan 6-8 jam waktu untuk tidur supaya mendapatkan energi yang optimal. Lalu Mulai harimu dengan melakukan olahraga, meditasi, atau pun melakukan hobi-hobi yang kamu senangi. 

2. Terapkan konsep S.M.A.R.T

7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

Apakah kamu menyadari kalau terkadang kita menetapkan tujuan dengan cara yang keliru? Kalau tujuanmu tidak berhasil berarti ada sesuatu yang salah dalam proses melakukannya.
Kamu harus menetapkan tujuan kamu dengan konsep S.M.A.R.T yaitu artinya Spesific,
Measurable, Achievable, Realitic, dan Time-bound.
Konsep ini akan membuat impian-impianmu lebih terstruktur dan membuat dirimu menjadi lebih siap.

3. Mulai harimu dengan melakukan tugas terpenting dulu di pagi hari

7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

Mark Twain pernah mengungkapkan, "eat a live frog every morning and nothing worse will happen to you for the rest of the day."  Hal ini memiliki arti kamu harus mengerjakan hal-hal yang penting dulu pada pagi hari.
Manajemen waktu akan membuatmu belajar mana yang lebih prioritas untuk dikerjakan dahulu. Kamu bisa mengatur waktumu dengan efektif ketika kamu mengetahui apa yang harus diselesaikan dahulu.

4. Jangan abai untuk mengenali dirimu

Image result for jangan abaikan dirimu sendiri

Nah kamu harus mengetahui dengan spesifik jam berapa tubuhmu
bisa lebih produktif untuk melakukan pekerjaan. Manfaatkan waktu ini seoptimal mungkin dan kamu bisa melakukan pekerjaanmu dengan sebaik mungkin.

5. Hindari semua gangguan yang menggodamu!

7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

Email, panggilan telepon, media sosial dan pesan-pesan lainnya adalah musuh utama yang bisa mengganggu produktivitas. Jadi, tanpa disadari biasanya kamu menghabiskan waktu kurang lebih selama 759 jam selama setahun hanya untuk bermain media sosial di kantor.
So, prioritaskan pekerjaanmu dan aktifkan mode pesawat di layar hp mu jika kamu ingin lebih fokus ya!

6. Tidak ada yang namanya multitasking!

7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

Kalau kamu sering bangga karena mampu menyelesaikan banyak tugas di satu waktu bersamaan, ada sebuah pesan untukmu yaitu seorang peneliti menemukan fakta bahwa hanya 2 persen manusia di dunia ini yang bisa efektif dalam melakukan multitasking. Sisanya 98 persen merasa telah membuang waktu mereka.

Jadi kamu merasa masuk dalam bagian yang mana nih?

7. Berhenti sejenak, segarkan kembali pikirannmu

7 Tips Manajemen Waktu Ini Akan Membuat Hidupmu Lebih Baik

Mengambil jeda sejenak barangkali terlihat tidak masuk akal di kepalamu. Tapi bagaimana caranya kalau beristirahat adalah bagian dari manajemen waktu?
Tidak ada yang salah dengan istirahat. Jeda yang kamu ambil ini akan bisa mengembalikan tenagamu yang hilang dan kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas yang selanjutnya.

Setelah mengetahui 7 tips manajemen waktu ini, sekarang adalah waktunya untuk kamu aplikasikan. Konsepnya adalah hindari kerja keras, tapi kerja cerdas dan lakukan manajemen waktu.

Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspiration/sindi-alya-syahputri/7-tips-manajemen-waktu-ini-akan-membuat-hidupmu-lebih-baik-c1c2/full

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi