5 Bahaya Pakai Jas Hujan Ponco. Meski Banyak Risikonya, tapi Masih Jadi Favorit Banyak Orang
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
21-10-2019, 10:28:54

Meski belum masuk musim hujan, tapi nggak ada salahnya jika kamu mulai berjaga-jaga menyiapkan jas hujan dari sekarang. Sebab, air hujan dapat membuat suhu badan menurun dan tubuh jadi rentan sakit. Banyak pilihan jas hujan yang bisa dipakai, salah satunya ialah jas hujan ponco. Meski dinilai lebih praktis karena bisa dipakai berdua, jas hujan ini memiliki risiko yang lebih tinggi daripada jas hujan jenis lain.

Berikut beberapa risiko dari menggunakan jas hujan jenis ponco ini. Simak yuk agar lebih waspada dan berhati-hati!

1. Karena fisiknya yang panjang, jas hujan ponco memiliki berisiko tersangkut di rantai motor

Kalau dipakai sendiri, jas hujan ini akan mengjuntai ke bawah terlalu panjang. Nah, bagian inilah yang bisa membuatnya jadi tersangkut di rantai. Kalau tersangkut, jas hujan bisa membuat badan pengendara terjatuh, apalagi jika kamu berkendara dengan kecepatan penuh.

2. Nggak cuma bagi pengendara, jas hujan ponco pun bisa membahayakan pengendara lain di belakangnya

as hujan jenis ini peka sekali dengan hembusan angin. Kalau dipakai berkendar bisa-bisa jas hujannya menutupi lampu belakang motor. Nah, kalau lampu tertutup pengendara di belakang kan jadi nggak bisa melihat tanda kalau kita ngerem. Sebabnya, risiko kecelakaan pun lebih mungkin terjadi.

3. Penyerapan air yang nggak maksimal akan membuat pengendara tetap basah

Walau terkesan praktis, nyatanya jas hujan ini nggak melindungi tubuh dengan baik. Bahkan, bagian seperti tangan dan kaki juga nggak ikut tertutup. Sebabnya, sepatu dan kaus lengan panjangmu akan jadi tetap kebasahan. Kamu juga tetap kedinginan meski sudah pakai jas hujan.

4. Bentuk lebarnya membuat pengendara mudah sekali kehilangan keseimbangan

Karena mudah tertiup angin, jas hujan akan akan mengelebat ketika dipakai berkendara. Nah, kelebatan inilah yang membuatnya pengendara hilang keseimbangan. Apalagi jika dipakai berkendara dengan kecepatan tinggi.

5. Kebanyakan jas hujan ponco berwarna gelap. Padahal warna gelap akan sulit terlihat jika hujan sedang lebat

Pihak kepolisian menyebut, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar lebih aman. Bukan untuk gaya, namun jas hujan berwarna cerah akan lebih mudah terlihat ketika hujan sedang deras. Nah, pengendara lain kan jadi tetap bisa melihatmu saat berkendara kan.

Nah, itu tadi beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dengan memakai jas hujan ponco. Kalau sudah tahu risiko baiknya hindari pengunaannya, ya!

 

Sumber : https://www.hipwee.com/tips/jas-hujan-ponco/?ref=terbaru_homepage

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi