Hari Santri di SD Baiturrahman
Sisko (490)
72 0 18-02-2014
1 suka
22-10-2019, 21:41:15

Tasikmalaya - Hari Selasa, 22 Oktober 2019 SD Baiturrahman Tasikmalaya ikut berpartisipasi dalam memperingati Hari Santri Nasional. Dalam momentum ini, seluruh santri beserta pengajar SD Baiturrahman serentak mengenakan busana muslim laiknya santri di pondokan. Santri rijal (laki-laki) dan para buya (panggilan untuk pengajar laki-laki) mengenakan koko yang dipadukan dengan sarung dan peci hitam, sedangkan santri banat (perempuan) beserta para bunda (panggilan untuk pengajar perempuan) tampil anggun dengan pakaian muslimah beraneka ragam warna dan corak.

Bersamaan dengan momentum Hari Santri Nasional tahun ini, SD Baiturrahman pun melaksanakan shalat Istisqo, bertempat di Lapangan SD Baiturrahman. 
Pelaksanaan shalat Istisqo ini merupakan kali kedua selama kurun waktu 7 tahun sejak SD Baiturrahman didirikan, setelah sekitar 3 tahun silam dilaksanakan untuk kali pertamanya.
 
Adapun serangkaian kegiatan yang dilakukan sebelum shalat Istisqo digelar, seluruh santri melaksanaan shalat dhuha berjamaah dipimpin oleh Buya Dadan (Koordinator Guru  Alquran metode UMMI). Diteruskan dengan muroja'ah beberapa surat di juz 30 yang dipimpin oleh santri kelas 6 yaitu Ananda Athar Alghifary Taufik dan Rangga Khalifi Mulya. Dilanjutkan pada acara inti pelaksanaan shalat Istisqo kemudian khutbah yang di pimpin oleh Buya Latif. 

Kegiatan ini merupakan hasil inisiasi Tim Ulumuddin SD Baiturrahman dengan disambut hangat oleh Bunda Dewi (Wakasek Kesiswaan), dan disetujui Kepala Sekolah SD Baiturrahman Ustadz Anasah Qodarudin. 

Ketua Tim Ulumuddin SD Baiturrahman, Buya Latif menuturkan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai media pembelajaran bagi seluruh santri SD Baiturrahman untuk memahami kaifiyat atau tata cara melakukan shalat istisqo yang tentunya salat ini dilaksanakan hanya pada momen tertentu. 
Selain itu shalat Istisqo ini merupakan bagian dari upaya atau ikhtiar untuk memohon diturunkannya hujan setelah beberapa bulan dilanda kemarau panjang. 
Harapannya semoga dengan ikhtiar yang dilakukan dan doa doa yang dipanjatkan menjadi jalan agar Allah menurunkan rahmat-Nya melalui turunnya hujan.

Alhamdulillah rangkaian acara berjalan dengan lancar. Seluruh warga SD Baiturrahman menyambut hangat dan mengikuti setiap rangkaian kegiatan dengan khidmat. 

Selamat Hari Santri Nasional. 
Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.
We are proud to be Santri. 

 

 

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi