Tidak Ada Kata Terlambat, 5 Tokoh Dunia Ini Bisa Sukses di Usia 40-an
74 0 30-07-2019
0 suka
24-10-2019, 09:57:55

moneysmart.id - Berkali-kali gagal bukan berarti gak bisa sukses saat tua. Jika saat ini kamu sering menghadapi kegagalan, gak perlu berkecil hati. Apalagi jika teman-teman sebaya satu persatu mulai mewujudkan impian mereka.

Tahu gak, bahwa sebetulnya gak ada patokan usia kesuksesan. Kamu gak harus udah mencapai A di usia X. Sebab semua orang punya waktunya masing-masing.

Meski terdengar klise, faktanya hal tersebut udah dibuktikan oleh para miliarder ini. Mereka adalah orang-orang yang gak berhenti berusaha walau sempat gagal berkali-kali.  

Buat kamu yang saat ini hampir mau menyerah, yuk picu lagi semangatmu dengan membaca kisah mereka.

1. Colonel Sanders

Kisah Colonel Sanders mungkin udah gak asing buatmu. Pemilik nama lengkap Herland David Sanders ini pernah berganti-ganti profesi semasa mudanya. Mulai dari nahkoda kapal uap, agen asuransi, kuli, tukang parkir, hingga pemadam kebakaran.

Sampai usia 40 tahun, kehidupan Sanders belum juga mapan dan stabil. Ia pernah dipecat dan ditinggalkan istri beserta anak-anaknya. Merasa putus asa, Sanders bahkan pernah berpikir untuk bunuh diri.

Akhirnya, pada suatu hari, ia mencoba peruntungan di bidang kuliner. Sanders membuka tempat bernama Cafe Sanders yang menjadi cikal bakal restoran ayam terkenal Kentucky Fried Chicken. Colonel Sanders baru benar-benar sukses saat tua, usianya saat itu bahkan sudah 62 tahun.

2. Vera Wang

Vera Wang merupakan salah satu desainer gaun pengantin langganan para selebriti Hollywood. Siapa sangka, saat muda ia adalah seorang pemain skating hingga beberapa kali mengikuti U.S. National Championships. Tapi, ia gagal menembus tim US Olympics hingga membuatnya merasa perlu alih profesi. Ia pun meninggalkan kariernya tersebut


Baru pada usianya yang ke-40, Vera Wang merintis bisnis fashion. Setelahnya, wanita berambut panjang ini menuai banyak prestasi di dunia fashion. Wajahnya juga pernah muncul dalam tayangan “Project Runaway” sebagai bintang tamu (2006), “Ugly Betty” (2007), dan “The Apprentice” (2008).

3. Sam Walton

Sam Walton ialah pelopor di balik kesuksesan keluarga Walton sekaligus pendiri Walmart. Dia tumbuh dari keluarga miskin sehingga terbiasa bekerja serabutan sejak kecil. Usai menyelesaikan pendidikan di University of Missouri, Sam bekerja di perusahaan kecil yang bergerak di bidang eceran selama dua tahun.

Setelah perang dunia berakhir, Sam memutuskan membangun bisnis bersama adiknya. Kesuksesan bisnis tersebut membuat ia tergerak untuk membangun usaha sendiri. Siapa sangka, dari toko ritel, kini usahanya menjadi raksasa bisnis hampir di seluruh dunia.

Sam baru berhasil menjadi miliarder di usia 44 tahun. Meski begitu, bisnis rintisannya masih berjalan dengan sukses hingga kini sekalipun ia telah meninggal dunia.

4. Henry Ford

Pendiri Ford Motor Company ini baru sukses saat tua, di usia 45 tahun. Ia terlahir sebagai anak pertama seorang petani miskin di Amerika Serikat. Henry sempat magang dan direkrut sebagai karyawan di Detroit Edison Company, perusahaan milik Thomas Alva Edison.

Selama masa bekerja, ia sering melakukan riset dan berbagai macam percobaan di bengkel rumahnya. Hasil risetnya berupa kendaraan bertenaga uap minyak bumi yang berhasil menggaet para investor.

Sayangnya, penjualan mobilnya menurun drastis karena harganya terbilang sangat tinggi pada masa itu. Perusahaan Ford pun berakhir tutup.

Hal tersebut gak bikin Henry berhenti berinovasi. Ia berhasil menciptakan Model T, sistem kemudi di sebelah kiri yang membuat namanya tercatat dalam sejarah industri otomotif. Kini, sistem tersebut jadi panutan dan standar perusahaan otomotif.

5. Stan Lee

Stan Lee remaja adalah asisten di Timely Comics. Pekerjaannya hanyalah mengisi tinta, meruncingkan pensil, dan menghapus goresan pensil pada gambar yang telah diberi tinta.

Meski begitu ia rutin mencoba menciptakan kisah-kisah komiknya sendiri. Setelah melalui perjalanan yang panjang, barulah di usia 39 tahun, ia berhasil menciptakan komik yang fenomenal, The Fantastic Four. Setelahnya, ia menjadi sosok legendaris dengan membuat banyak tokoh Marvel yang memiliki penggemar tersebar di seluruh dunia.

Masih ada banyak orang yang baru menjadi sukses saat tua. Lima miliarder di atas buktikan gak pernah ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baru atau terus menekuni apa yang memang kamu sukai. Semoga terinspirasi!

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi