5 Cara Antigagal Buat Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan
74 0 30-07-2019
0 suka
04-11-2019, 09:38:34

HaloDokter.com - Memasuki musim hujan, kita mungkin jadi lebih sering sakit. Namun jangan sampai “ancaman” penyakit malah jadi menghambat produktivitas Anda. Ikuti lima cara mudah ini agar Anda bisa tetap sehat saat musim hujan.

1. Minum vitamin C
Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi Anda dari risiko infeksi atau penyakit.

Selain itu, antioksidan dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah Anda cepat stres dan kelelahan. Cukupi vitamin C Anda dari sayur dan buah-buahan segar serta dari multivitamin jika perlu.

2. Mandi setelah hujan-hujanan
Agar tetap sehat saat musim hujan, baiknya segera mandi setelah basah kuyup hujan-hujanan. Kenapa?

Hujan itu sendiri memang tidak otomatis bisa bikin sakit, tapi airnya mungkin mengandung partikel-partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin dan mungkin terhirup. Selain itu, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga dapat mendaratkan bakteri atau virus ke kulit kita.

Terlebih, daya tahan tubuh kita selama musim hujan cenderung lebih lemah dari biasanya sehingga lebih cepat jatuh sakit.

3. Jangan jajan sembarangan
Sebaiknya jangan dulu jajan sembarangan di pinggir jalan untuk sementara. Tidak ada yang bisa menjamin kebersihan makanan yang dijual di pinggir jalan. Apalagi di musim hujan yang di mana-mana serba becek dan tergenang air kotor.

Jajanan pinggir jalan tak jarang menjadi penyebab utama seseorang gampang sakit saat musim hujan. Entah keracunan makanan, diare, tipes, dan lain sebagainya. 

4. Jaga pola makan sehat
Daripada jajan di luar, sebaiknya coba makan lebih sehat dan teratur selama musim hujan ini untuk membantu menguatkan daya tahan tubuh. Variasikan menu makan harian Anda agar mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, serta lemak sehat.

Jangan lupa satu lagi kuncinya: hindari makan berlebihan yang bisa bikin berat badan bertambah sehingga berisiko terkena masalah kesehatan lain.

5. Kelola stres
Tak jarang Anda jadi lebih cepat stres selama musim hujan. Mulai dari memikirkan tumpukan jemuran yang susah kering, hingga jadi sering terlambat ke kantor karena macet atau kebanjiran.

Nah agar lahir batin bisa tetap sehat saat musim hujan, Anda harus pandai-pandai mengendalikan stres. Misalnya dengan berlatih yoga di akhir pekan, mendengarkan musik menenangkan, kelonan dengan pasangan, dan tidur cukup tiap malam agar tidak gampang stres.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi