Hari Dongeng Nasional, Mendikbud Ingatkan Pentingnya Peran Orangtua
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
3 suka
27-11-2019, 15:09:17

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (26/11/2019) rupanya diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional di Indonesia. Memperingati hari spesial ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan bertema "Mendongeng" di Perpustakaan Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. Ya, ini juga sekaligus diadakan untuk memperingati Pekan Perpustakaan Kemendikbud. Dalam kegiatan itu, hadir pula sosok Mas Menteri Nadiem Makarim beserta sang istri Franka Franklin untuk membawakan dongeng di hadapan sejumlah siswa-siswi SD yang hadir. Beberapa potret rangkaian kegiatan ini diunggah di akun Instagram Kemendikbud @Kemdikbud_ri. Dalam kolom keterangan, disebutkan Mendikbud menyebutkan pentingnya dongeng bagi tumbuh kembang anak-anak.
"Makna mendongeng adalah agar adik-adik semua senang dan mencintai cerita, buku, dan dari cerita – cerita itu kita menciptakan imajinasi di dalam otak. Kemampuan dalam berpikir dan membayangkan hal – hal di otak kita adalah kunci kesuksesan di masa depan,” kata Nadiem dalam sambutannya. Mendikbud menyebut imajinasi sangat penting untuk memantik berbagai ide untuk direalisasikan dalam dunia nyata. Tanpa imajinasi, banyak hal mungkin tak akan tercipta di dunia ini. Selain meningkatkan kemampuan imajinasi, mendongeng juga dapat menumbuhkan semangat bercerita dan membaca pada anak. Untuk itu, Nadiem mengajak para orangtua untuk meluangkan waktu mendongeng bagi anak-anaknya. "Jadi mohon kepada orang tua untuk membacakan dongeng kepada anak-anaknya. Mohon dilakukan setiap malam kepada anak, tak hanya Ibunya, Bapaknya juga harus ikutan berpartisipasi," ujarnya.

Pada kesempatan siang tadi, istri Mendikbud, Franka membacakan cerita "Si Kancil" untuk siswa-siswi kelas 1-3 dari SD Islam Terpadu Darul Himah, SD Strada Pelita II, SD Cinta Kasih Tzu Chi, dan SDN 011 Pagi Jakarta. Tak hanya dihadiri langsung oleh Mendikbud dan istri, acara itu juga dihadiri oleh komunitas Ayo Dongeng, Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Muhammad Hasbi, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Sri Hartini, dan sejumlah pejabat Kemendikbud.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2019/11/26/210000065/hari-dongeng-nasional-mendikbud-ingatkan-pentingnya-peran-orangtua

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi