Mengenal bakat anak dan cara mendidiknya
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
27-12-2019, 11:16:10

Pengertian bakat seringkali kita temui dalam percakapan sehari-hari maupun di media sosial. Arti bakat seringkali dipertukarkan dengan pengertian minat dan kecerdasan majemuk. Apakah bakat itu? Apakah ketika anak senang menggambar berarti anak punya bakat menggambar? Apakah ketika anak mahir menggambar berarti anak punya bakat menggambar? Pemahaman mengenai bakat ini penting bagi orangtua, karena dengan pemahaman yang tepat maka orangtua dapat mengembangkan bakat anak. Mari kita ulas pengertian minat, bakat anak, dan kecerdasan majemuk.

Seorang anak lahir telah membawa profil kecerdasan majemuk tertentu. Howard Gardner mendefinisikan kecerdasan majemuk adalah kemampuan biopsikologis dalam mengolah informasi (komputasi) untuk menyelesaikan persoalan atau menciptakan karya yang bermakna pada sebuah konteks budaya.

Berbeda dengan kecerdasan majemuk yang merupakan bawaan anak sejak lahir, minat muncul pada saat anak menemui sebuah objek atau aktivitas. Minat dapat diamati secara langsung melalui sikap dan perilaku anak. Kecerdasan majemuk butuh pengamatan sekaligus analisis terhadap perilaku anak.

Secara umum bakat anak dipahami sebagai kemampuan untuk melakukan suatu tindakan pada tingkat keahlian tertentu. Donald O. Clifton–seorang psikolog pendidikan–dan Marcus Buckingham merumuskan bakat anak sebagai pola pikir, perasaan, maupun tindakan yang berulang dan dapat diaplikasikan secara produktif. Senada dengan pendapat itu, Howard Gardner menyebutkan bakat anak sebagai aktivitas teratur yang dihargai masyarakat dan dapat dinilai berdasakan tingkat keahliannya. Ketiga pengertian tersebut–dengan istilah yang berbeda-beda– menyebutkan bahwa bakat anak adalah perilaku

Biarkan anak mengeksplorasi berbagai aktivitas dan melihat apa yang benar-benar menarik untuknya. Jika dipikir anak akan suka olahraga, mulailah dengan pelajaran olahraga. Dan beri anak waktu bersosialisasi

Dengan cara ini anak bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya ke teman-teman di lingkungannya.

Mengamati kebiasaan anak saat bersosialisasi dengan teman-temannya, bisa jadi cara alternatif mengetahui bakat anak . Ingat, bakat bukanl hal yang selalu berkaitan dengan akademik atau olahraga namun bisa juga dalam bentuk kecakapan berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang.

Orang tua harus peka terhadap berbagai perilaku yang ditunjukan anak. Dengan begini kita bisa dapat banyak petunjuk untuk mengenali bakat anak.

Perilaku seru sendiri adalah tanda anak sangat nyaman dan menikmati apa yang ia lakukan. Dari sini bisa dilihat, apa sih sesuatu yang bikin anak happy dan nyaman.

Ciri-ciri perilaku sendiri antara lain anak merasa asyik melakukan sesuatu, cepat mempelajari hal yang dia lakukan, puas, serta ada hasrat ingin mengulang kegiatan itu.

Orang tua merupakan guru pertama bagi anak. Kekuatan Ayah dan Bunda sangatlah memengaruhi keputusan anak. Mereka cenderung mencintai apa yang orang tuanya sukai. Jadi, mulailah dengan membuat kegiatan yang menyenangkan untuk mendekatkan diri pada anak-anak, dan memotivasi mereka mengejar bakatnya. Semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama, semakin Ayah dan Bunda mengetahui apa kegiatan yang mungkin anak sukai.

Psikolog Intan Erlita mengatakan kalau bakat atau potensi, sebenarnya ada yang bersifat bawaan dari lahir atau keturunan.

Bakat ini akan semakin menonjol ketika dilatih. Namun, bakat bawaan akan menjadi biasa-biasa saja jika tidak pernah dilatih dengan rutin.

“Untuk para orangtua yang sudah bisa melihat bakat yang dimiliki anak, sebaiknya bisa langsung melatih agar bakat yang dimiliki anak bisa menjadi sebuah prestasi. Tetapi harus dipahami juga bahwa bakat akan menjadi prestasi dengan sebuah proses pembelajaran dan latihan,” tambah ibu empat anak tersebut.

Memaksimalkan potensi atau bakat anak harus dilakukan dengan support positif. Tapi ingat, dengan suasana ceria dan jangan menekan agar anak tidak bosan dan trauma saat mencobanya berulang-ulang.

 

Sumber : https://keluargamilenial.com/2019/12/17/mengenal-bakat-anak-dan-cara-mendidiknya/

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi