Jack Ma Bicara Soal Pendidikan : Rumus Pendidikan yaitu IQ, EQ dan LQ
35 0 29-07-2019
3 suka
16-01-2020, 09:57:08

HANGZHOU, CHINA - 28 AGUSTUS: Ketua Kelompok Alibaba Jack Ma menghadiri Konferensi Global 2019 tentang Perempuan dan Kewirausahaan pada 28 Agustus 2019 di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Cina.  (Foto oleh VCG / VCG via Getty Images)

KOMPAS.com - Jack Ma , pendiri Alibaba dalam forum OECD di Paris Perancis (5/12/2019) menyebutkan pendidikan sebagai "masalah paling penting dan kritis" di zaman kita ini. Kekalahannya: dunia berubah cepat, tetapi pendidikan tidak.

 Di forum OECD (Organisasi untuk Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi) penyelenggara tes PISA global (Program Penilaian Pelajar Internasional) dengan menantang Jack Ma yang membahas tentang pendidikan bukan untuk fokus pada kurikulum atau pencapaian peringkat.

Jack Ma mengatasi kesulitan pada "kecerdasan" dan kemampuan kemampuan siswa untuk memuji (LQ) di samping kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan intelektual (IQ).

"Hati" tidak tergantikan mesin

"Jika kamu ingin sukses, kamu harus memiliki EQ yang sangat tinggi, cara bergaul dengan orang-orang," katanya pada konferensi OECD seperti dilansir dari World Economidc Forum (WEF).

"Jika kamu tidak ingin tersisih dengan cepat, kamu harus memiliki IQ yang baik," tambahnya. Namun, lanjut Jack Ma, "Jika kamu ingin didukung, kamu harus memiliki LQ - hasil dari yang kau yakini," jelasnya.

"Otak akan diganti oleh mesin, tetapi mesin tidak akan pernah bisa mengembalikan hatimu," demikian alasan Jack Ma.

Meskipun terdengar sangat klise, hal ini menjadi relevan dengan tema konferensi, di mana OECD merilis hasil terbaru di seluruh dunia untuk anak-anak 15 tahun. Forum membahas cara memindahkan sistem pendidikan dari "pabrik" ujian tradisional ke tempat-tempat di mana anak-anak belajar konten, tetapi juga pengetahuan diri, empati dan kolaborasi.

Pendidikan : Bukan menyetak lulusan Siap kerja

Andreas Schleicher, kepala unit pendidikan OECD bahkan meminta "radikal" Jack Ma. Pendidik banyak berbicara tentang perlunya reformasi holistik, tetapi para pemimpin bisnis lebih sering berfokus pada pendidikan sebagai fasilitas untuk melatih pekerja masa depan atau mempersiapkan kolaborasi yang siap pakai untuk meningkatkan pengetahuan manusia luas.

Schleicher mengatakan pesan utama Jack Ma sangat tepat: kita harus menghabiskan lebih banyak tentang "bagaimana" kita memberi pendidikan kepada siswa, belum pada "apa" yang kita berikan. Di masa depan, Jack Ma mengatakan ada beberapa hal yang harus menjadi fokus perhatian: guru , ruang kelas , dan siswa. Jack Ma akukan kelas tidak boleh hanya menghabiskan 40 menit untuk membaca dan mengerjakan tugas atau ujian.

Guru tidak boleh lagi menjadi pusat kelas sebagai "orang dengan semua pengetahuan". Menurut pendidik harus memulai pada permintaan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat, bukan hanya mendapatkan jawaban yang benar. "Jika kamu (para guru) fokus pada standarisasi, semuanya dapat diganti dengan mesin," katanya. Banyak pendidik bebas dari ini dengan alasan pengetahuan tidak boleh diremehkan dan sekolah harus fokus pada disiplin dan harapan keberhasilan akademik yang tinggi.

 

 

Fokus pada PAUD dan guru

Jack Ma mengaku dirinya pendidik "amatir" tapi dia bukan tanpa pengalaman. Diriku gagal ujian universitas beberapa kali dan akhirnya masuk ke sekolah pendidikan. Jack Ma mengatakan mengajar memberi pelajaran penting yang kemudian dia gunakan sebagai CEO.

Jack Ma bahkan menjuluki pekerjaannya sebagai "petugas pendidikan" di Alibaba. "Saya belajar semua yang saya harus dari menjadi guru," katanya. “Menginspirasi siswa. Mempercayai siswa dan aktifkan mereka, "ajak Jack Ma.

Ia kemudian menawarkan beberapa ide tentang apa yang perlu diperbaiki. Dia menghargai investasi lebih banyak pada pendidikan anak usia dini (PAUD), kompilasi anak-anak membangun keterampilan dan nilai-nilai, dan lebih sedikit di universitas, kompilasi nilai yang telah ditentukan.

"Tolong letakkan lebih banyak sumber daya di depan dan bukan di belakang," katanya, mendukung TK dan sekolah dasar yang mendukung luar biasa untuk membentuk anak-anak. Jack Ma juga mendukung guru lebih kuat. "Jika kita menghormati guru, kita menghargai pengetahuan dan kita menghormati masa depan," katanya.

"Tingkatkan gaji mereka dan bantuan kepala sekolah dengan pelatihan kepemimpinan, karena 60 persen guru menerima profesi karena mereka tidak menyukai kepala sekolah mereka," katanya.

Lulus bukan Jaminan kerja

Jack Ma mengatakan bahwa pendidikan perlu mengubah indikator dukungan, yaitu ujian. Ia sering bertanya kepada para siswa Tentang mereka bekerja sangat keras untuk ujian mereka dan mereka selalu mengatakan itu untuk masuk universitas dan melanjutkan untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun di Alibaba, katanya, pihaknya masih harus melakukan universitas untuk melakukan pekerjaan dengan baik. "(Masuk) Universitas tidak berarti kamu disetujui mendapat pekerjaan," katanya, seraya menambahkan bahwa ia tidak merekrut lulusan MIT dan Harvard karena nama-nama itu, tetapi karena meneliti yang "siap untuk mencari seluruh hidup mereka."

Jack Ma juga mengatakan gelar sarjana tidak boleh menjadi "tanda terima untuk biaya kuliah yang diterima." Sukses dengan kepedulian sesama Akhirnya, ia mendukung pendidikan harus menjadi lebih global, dan lebih fokus pada kerja tim. Cara untuk mencapai ini adalah lebih dari seni tari dan senior, melukis dan olahraga tim. Dia menghargai agar sekolah mulai dengan ekstrakulikuler di mana tidak ada tambahan pelajaran setelah sekolah tetapi lebih pada seni dan olahraga setelah pulang sekolah.

Abad terakhir, katanya, dimenangkan oleh otot, sedangkan yang ini akan dimenangkan dengan percakapan. Atau seperti yang Jack Ma katakan dengan cara lain, "Abad lalu kita menang dengan peduli pada diriku sendiri, abad ini kita menang dengan peduli pada orang lain."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jack Ma Bicara soal Pendidikan: Rumus Pendidikan IQ, EQ dan LQ", https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/11/11461611/jack-ma-bicara-soal-pendidikan-rumus-pendidikan-iq-eq-dan-lq?page=all#page2.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi