7 Cara Belajar Efektif dan Efisien, Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa
35 0 29-07-2019
4 suka
24-01-2020, 10:09:56

Image result for belajar

Merdeka.com - Belajar tentu menjadi suatu kewajiban untuk pelajar dan mahasiswa. Tak hanya pelajar dan mahasiswa, belajar pun juga kerap dilakukan oleh banyak orang untuk menambah ilmu dan wawasan. Belajar pun tak melulu dari buku. Saat ini telah tersedia banyak fasilitas yang dapat menunjang aktivitas belajar.

Belajar memiliki banyak manfaat. Selain menambah ilmu dan wawasan, belajar juga melatih otak untuk fokus dan bekerja. Meski telah mencoba belajar, tak sedikit orang yang mengalami kesulitan saat belajar.

Merdeka.com telah merangkum beberapa cara belajar efektif dan efisien dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Menetapkan Tujuan Belajar

Hasil gambar untuk belajar

Sebelum memulai, sebaiknya Anda menetapkan tujuan belajar. Hal ini dilakukan agar Anda lebih bersemangat untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan. Seperti ingin lulus seleksi TNI/POLRI, masuk perguruan tinggi impian atau ingin lulus tes CPNS.

Anda dapat memulainya dengan menarget nilai tinggi agar lebih terpacu dan bersemangat dalam belajar. Menentukan tujuan belajar dapat membuat Anda lebih bersemangat dan fokus saat belajar.

2. Mengatur Jadwal Belajar

Image result for belajar

Cara belajar efektif dan efisien selanjutnya yaitu dengan mengatur jadwal belajar. Anda dapat mengatur jam belajar Anda setiap harinya. Misal belajar dari jam 6 sampai 7 malam. Tetapi, pastikan Anda tidak melupakan waktu istirahat.

Beri jeda 5-10 menit untuk Anda beristirahat. Setelah membuat jadwal belajar, Anda pun harus konsisten dengan jadwal tersebut. Belajar setiap hari dapat melatih otak untuk lebih fokus dan mudah menerima ilmu dibanding orang yang tidak rajin belajar.

3. Mencari Suasana Nyaman

Image result for belajar

Cara selanjutnya yaitu dengan mencari suasana nyaman untuk belajar. Kenali suasana belajar Anda, apakah Anda nyaman belajar dengan suasana sepi, suasana ramai atau bahkan dengan mendengarkan musik. Setiap orang memiliki suasana belajar berbeda-beda.

Apabila Anda nyaman belajar dengan suasana sepi, Anda dapat memilih rumah, perpustakaan atau cafe yang tenang untuk belajar. Sebaliknya, apabila Anda senang belajar dengan suasana ramai, maka Anda akan mudah menemukan tempat yang nyaman untuk belajar.

4. Membuat Ringkasan Materi

Image result for belajar

Membuat ringkasan materi dari hasil belajar merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien. Anda dapat membuat catatan berisi poin-poin penting dari buku yang sedang dipelajari.

Saat membuat ringkasan materi, secara tidak langsung Anda telah mengulang materi yang telah didapatkan. Belajar pun akan lebih efektif dan efisien.

5. Buat Akronim yang Mudah Di Ingat

Related image

Selain itu, membuat akronim atau singkatan yang mudah diingat juga dapat Anda lakukan. Misal Anda membuat singkatan urutan penulisan daftar pustaka "NaTaJuKoKo" yang merupakan singkatan dari "Nama, Tahun, Judul Buku/Karya, Kota Terbit, Nama Penerbit".

Atau membuat rangkaian kata untuk mengingat asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Anda bisa menggunakan rangkaian kata "Lu Be R Ju Dil". Dengan membuat akronim, Anda dapat dengan mudah mengingat materi-materi yang Anda pelajari. Belajar pun juga akan terasa lebih menyenangkan.

6. Pahami bukan Menghafal

Image result for belajar mudah di ingat

Beberapa orang menggunakan cara menghafal untuk mempelajari suatu materi. Tetapi, terkadang menghafal belum tentu memahami materi tersebut. Bahkan, dalam jangka panjang, materi yang dihafalkan pun akan mudah dilupakan.

Anda harus mulai untuk memahami, bukan menghafal. Pahami materi dari buku atau literatur yang menjadi bahan belajar Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih menguasai materi yang dipelajari.

7. Tidak Malu Bertanya dan Tetap Pertahankan Semangat

Image result for belajar

Saat Anda menemukan kesulitan belajar, jangan pernah malu untuk bertanya kepada orang yang lebih paham. Anda dapat bertanya kepada guru, dosen atau teman. Anda pun juga dapat berdiskusi atau belajar bersama dengan teman-teman agar mendapatkan solusi.

Belajar dengan giat memang baik dilakukan, tetapi saat target yang Anda tentukan belum tercapai, jangan pernah patah semangat. Teruslah mencoba dan belajar lagi. Pertahankan semangat agar cita-cita dan impian dapat tercapai.

Sumber : https://www.merdeka.com/trending/7-cara-belajar-efektif-dan-efisien-cocok-untuk-pelajar-dan-mahasiswa-kln.html

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi