Cegah Kecolongan Efek Buruk Gadget, Menteri Bintang Imbau Ini
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
18-02-2020, 16:02:43

Cegah Kecolongan Efek Buruk Gadget, Menteri Bintang Imbau Ini

Kita selama ini menganggap anak-anak perlu edukasi dan pembelajaraan. Padahal tidak selamanya seperti itu loh, terutama dalan hal gadget, biasanya justru anaklah yang lebih pintar dan ahli.

Nah, dalam hal inilah kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA) Bintang Puspayoga pentingnya para orang tua diedukasi tentang pengasuhan di era gadget saat ini.

"Ada edukasi tidak hanya pada anak yang harus kita berikan, kita harus berikan juga pada orang tua," ujar Menteri Bintang di KemenPPPA, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Pada dasarnya KemenPPPA sudah memiliki program edukasi ini melalui Puspaga, pusat pendidikan keluarga. Salah satunya mengajarkan orang tua untuk pandai memanfaatkan gadget dalam pola pengasuhan. Hal ini sejalan dengan program Kemenkominfo yang bakal menyelenggarakan digital parenting.

"Kalau kami di KemenPPPA ini ada puspaga, pusat pendidikan keluarga, yang sudah kita lakukan. Kemudian satu hal terkait denagn gadget ini, kami juga dari kominfo mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa kita implementasikan," papar Menteri Bintang.

Meski belum tahu akan seperti apa konsep yang dijalankan bersama dengan Kemenkominfo. Fokus utamanya KemenPPPA akan tetap mengandalkan puspaga yang sudah dimiliki. 

Sedangkan untuk literasi atau memberikan pemahaman kepada pihak sekolah, dalam hal ini mengajar di tengah zaman gadget, Menteri Bintang akan berkoordinasi dengan Kemendikbud. Bagaimana implementasi program dijalankan, guna para guru dan tenaga pendidik juga tidak 'kecolongan' tentang efek buruk gadget saat proses pembelajaran.

"Kemudian terkait dengan literasi keluarga, nah ini yang penting pendampingan dari para orang tua, kepada anak-anak, karena orang tua juga harus paham kepada perkembangan teknologi. Sehingga bisa memprotect putra-putrinya berkaitan dengan hal-hal negatif terkait hal tersebut," terangnya.

 

Sumber : https://www.suara.com/health/2020/02/17/233514/cegah-kecolongan-efek-buruk-gadget-menteri-bintang-imbau-ini

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi