IGI: Sekolah Perlu Aktifkan Kembali Unit Kesehatan
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
10-03-2020, 11:35:12

JAKARTA -- Ikatan Guru Indonesia (IGI) mengingatkan agar sekolah lebih antisipatif penyakit yang mungkin timbul. Ia menuturkan, sebenarnya selama ini banyak sekolah sudah antisipatif dengan menjaga kebersihan.

Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim mengatakan sebenarnya unit kesehatan di sekolah banyak tersedia. Hanya saja belum diaktifkan secara maksimal. "Sebenarnya di banyak sekolah sudah ada, tapi tidak berfungsi maksimal. Ini yang perlu diperhatikan kembali. Apalagi dengan keterbatasan alat-alat yang mereka miliki," kata Ramli, Selasa (3/3).

Ia melanjutkan, budaya gemar cuci tangan perlu kembali dibudayakan. Namun, sekolah harus ingat bahwa sabun yang digunakan bukanlah sabun batangan, melainkan sabun cair.

Ramli juga menambahkan agar disediakan masker yang cukup di sekolah. Sehingga, begitu ada warga sekolah yang menunjukkan gejala penyakit terkait dengan virus corona langsung diberikan masker untuk ditangani di unit perawatan khusus.

"Jadi, seharusnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus menyediakan masker di sekolah dalam jumlah yang cukup," kata dia lagi.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah pusat dan daerah harus memastikan rumah sakit tertentu yang bisa menjadi rujukan ketika warga sekolah dicurigai terjangkit virus corona. "Jangan sampai sekolahnya bingung dan jika ada yang sakit dibawa ke puskesmas yang justru akan menyebar ke tempat lain," kata Ramli menegaskan.

Sebelumnya, Kemendikbud telah mengimbau agar dinas pendidikan berkoordinasi dengan dinas kesehatan. Semua langkah yang diambil harus sesuai dengan rekomendasi dinas kesehatan.

Langkah-langkah yang dilakukan, jangan sampai mengurangi hak pendidikan ataupun belajar kepada para siswa. Kemendikbud mengimbau agar seluruh warga sekolah termasuk orang tua murid mencari informasi selengkap mungkin mengenai virus corona, dan tidak termakan dengan berita yang salah.

 

Sumber : https://republika.co.id/berita/q6m67i384/igi-sekolah-perlu-aktifkan-kembali-unit-kesehatan

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi