Mama Bisa Lakukan 5 Hal Ini untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
14-04-2020, 12:03:48

Jika melihat berita yang sedang beredar saat ini, rasanya mudah sekali untuk merasa cemas dan ketakutan. Jadi, nggak heran ya kalau anggota keluarga di rumah menjadi tanggung jawab Mama untuk tetap menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Tak perlu bingung Ma, ini 5 hal sederhana yang bisa Mama lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga. Coba yuk, di rumah!

1. Meski bahan makanan mahal, buatlah menu masakan yang bergizi

Meski harga barang perlahan meninggi, asupan nutrisi keluarga nggak boleh dikorbankan. Asupan makanan-makanan tinggi nutrisi seperti sayur, buah, daging, telur, dan kacang-kacangan sebaiknya dijaga ya Ma. Sebaliknya, makanan-makanan instan atau junk food ada baiknya dikurangi dulu ya Ma.

2. Terapkan aturan rutin makan buah-buahan

Buah-buahan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk bantu jaga daya tahan tubuh, Mama bisa tambah asupan buah apel, jeruk, pisang, dan beberapa buah-buahan berry. Tapi, pastikan buah-buah ini dicuci bersih ya Ma untuk memastikan nggak ada lagi bakteri yang menempel. 

3. Ketika waktu senggang, ajak keluarga minum jahe dan ngeteh bersama

Teh jahe telah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, teh jahe juga baik untuk meredakan nyeri, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan mual. Selain itu, jahe ternyata juga mengandung gingerol yang baik untuk daya tahan tubuh jika rutin dikonsumsi. Makanya, nggak heran kalau orang Indonesia gemar menikmati secangkir teh jahe hangat sejak dulu kala. 

Nah untuk manfaat yang lebih baik, pastikan Mama menggunakan teh yang asli dan alami. Teh SariWangi terbuat dari 100% teh asli, sehingga warnanya lebih pas dan rasanya lebih segar. SariWangi kini juga hadir dalam kemasan baru yang lebih premium. Jadi, yuk ngeteh bersama SariWangi, Ma!

4. Usahakan Mama jadi reminder keluarga untuk tidak tidur terlalu larut malam

Istirahat yang cukup adalah sebuah kewajiban untuk menjaga daya tahan tubuh, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bagi anak-anak usia 3-5 tahun, direkomendasikan untuk tidur 10-3 jam per hari. Anak-anak sekolah usia 6-13 tahun, 9-11 jam per hari. Sedangkan untuk orang dewasa, 7-8 jam per hari. Dilansir dari sardjito.co.id, kurang tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh dan mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat memicu berbagai macam penyakit lho Ma.

5. Jaga anggota keluarga untuk tetap di dalam

Anjuran untuk di rumah saja ini bukan tanpa sebab. Dengan lebih banyak menghabiskan waktu di luar, Mama dan keluarga dapat terhindar dari polusi, radikal bebas, kuman, dan virus di luar sana. Tapi, kalau memang ada hal genting yang memaksa anggota keluarga keluar rumah, jangan bosan ingatkan untuk terus jaga kebersihan ya Ma. 

Itu dia 5 hal yang bisa Mama lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh keluarga. Ingat Ma, mencegah akan selamanya lebih baik dari mengobati. Jadi, lebih baik hati-hati ya Ma!

 

Sumber : https://www.popmama.com/life/health/editor-idn-creative/meningkatkan-daya-tahan-tubuh-csc?medium=FacebookAlpha&source=CSC/full

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi