9 Ide Aktifitas Saat #dirumahaja
43 0 26-09-2019
6 suka
20-04-2020, 10:36:26

Sampai saat ini situasi yang sedang kita hadapi karena COVID-19 ini tidaklah mudah, namun kita jangan menyerah, terutama saat karantina mandiri seperti sekarang, kita tetap harus dirumah. Karena sudah cukup lama di rumah pasti sudah banyak yang bosan dan bingung harus melakukan apa lagi selanjutnya.

Nah jangan bingung lagi, ada banyak kok aktivitas yang bisa kita lakukan dari rumah. SISKO punya 9 ide aktivitas yang bisa dimanfaatkan di waktu senggang supaya bisa tetap produktif, apa saja kegiatan nya?

1. Ikuti seminar atau diskusi online

Karena seminar atau diskusi secara langsung dilarang bukan berarti kita tidak bisa mengembangkan diri dan menambah ilmu dari rumah. Sekarang banyak sekali seminar-seminar atau diskusi online yang bisa kita ikuti dari berbagai media online mulai dari Live IG hingga ke aplikasi video stream seperti Zoom.

Pilih lah seminar yang menarik untuk diikuti, bisa tentang skill tambahan yang bisa dipraktekkan hingga ke diskusi tentang topik menarik untuk kita bahas. Jika mau mengeluarkan uang kita bisa ikut ke seminar berbayar yang biasanya menyediakan materi yang sangat berkesan. Atau bisa juga ikut diskusi atau seminar gratis melalui grup-grup di Telegram atau Whatsapp seperti misalnya grup diskusi SISKO ini

https://chat.whatsapp.com/Lf0Vb2C7HvoBi2aUcz4JOM
 

2. Baca buku

 

Ingin suasana yang lebih tenang, membaca buku bisa menjadi pilihan. Buku-buku  baru yang belum sempat dibaca bisa kita buka dan baca. Buku yang sudah lama tidak dibaca pun bisa dibaca ulang sambil mengingat kembali dan merefresh otak kita.

Bisa juga membaca buku-buku digital dari smartphone yang juga banyak tersedia. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Untuk buku-buku berbayar bisa dibeli melalui playstore atau link lain dan untuk buku-buku gratis dapat diakses dari bebagai aplikasi seperti Wattpad atau SISKO. Selain menghibur juga bisa menambah wawasan.

3. Manfaatkan Waktu Senggang  untuk Tambah penghasilan

Dari rumah bisa dapat penghasilan tambahan lho. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan seperti misalnya berjualan online, menjadi translator, bimbingan belajar online hingga ikut survey online.

Jika masih bingung apa saja yang bisa dilakukan dan tetap mendapat penghasilan, bisa download aplikasi freelance yang tersedia di Playstore atau App Store. Sehingga di saat lockdown ini masih tetap bisa ada pemasukan tambahan untuk berbagai hal

4. Buat Catatan Kreatif atau Doodle Notes

Belajar dari rumah kadang sering bosan apalagi kalau hanya berisi tugas. Nah supaya jadi lebih menyenangkan bisa dicoba untuk membuat catatan kreatif atau doodle notes di setiap pelajaran.

Untuk yang belum tahu, doodle notes itu cara membuat catatan pelajaran yang  ditambahkan dengan gambar, komentar atau penjelasan dan ditulis tangan dengan rapi. Sehingga pelajaran yang dibaca bisa lebih udah dipahami. Bisa dicoba nih untuk guru dan siswa yang sedang dirumah supaya belajar lebih asyik.

5. Bercocok Tanam

Masa karantina yang cukup lama bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam nih. Kita bisa tanam macam-macam tumbuhan bisa bunga, sayur atau buah.

Tips nya kalau mau menanam pilih tanaman yang waktu panen atau tumbuh nya bisa dinikmati saat karantina. Contohnya kangkung atau bayam yang bisa dipanen 21 hari saja atau tanaman hias yang bisa menjadi pajangani saat dirumah.

6. Olahraga

Jangan lupa juga untuk berolahraga agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Bisa lakukan olahraga dalam rumah yang ringan seperti senam atau body weight lifting. Untuk olahraga luar ruangan seperti bersepeda atau jogging juga bisa dilakukan, tapi ingat untuk tetap menggunakan masker dan langsung mandi serta cuci tangan sebelum masuk ke rumah.

7. Menata Ulang Ruangan

Supaya rasa bosan hilang bisa dicoba untuk menata ulang ruangan di  rumah kita. Ruang keluarga atau kamar yang ditata ulang bisa memberikan kesan fresh dan suasana baru sehingga tidak akan bosan.

Selain itu jika kegiatan ini dilakukan bersama anggota keluarga lain maka akan menambah erat hubungan keluarga. Bonus lainnya kita juga bisa menemukan barang-barang tak terduga saat membereskan ruangan

8. Ganti Cara Belajar Online

Kebanyakan sekolah online hanya memberikan tugas untuk siswa nya dan malah menjadi beban. Nah supaya tidak cepat bosan dan stress bisa ganti dengan cara belajar online terbaru dengan SISKO.

Guru bisa menyiapkan materi seperti saat mengajar biasa disekolah, siswa dapat belajar dari berbagai sumber materi yang telah disiapkan guru-guru kompeten dan sekolah tetap bisa memantau aktifitas yang dilakukan secara langsung.

Belum lagi orang tua dapat tetap mendampingi perkembangan belajar anak-anaknya langsung melalui smartphone. Sehingga suasana belajar online dirumah bisa lebih mudah dan tetap terkontrol bersama SISKO.

9. Tonton Video yang Memperkaya Wawasan

Saat di rumah aja kita juga bisa tetap produktif dari menonton video-video yang ada di Youtube. Mulai dari video memasak, service alat elektronik, penjelasan materi pelajaran atau sekedar hiburan seperti stand up comedy.

Akan lebih bermanfaat lagi bila video bisa di share menggunakan SISKO kedalam bentuk materi pelajaran. Sehingga bisa dinikmati oleh orang lain dan bisa saling menambah wawasan.

Untuk yang menyukai tantangan hal baru bisa coba buat video pendek bermanfaat kemudian di share melalui Youtube. Selain menjadi arsip pribadi juga bisa saling berbagi.

Nah itu tadi 9 ide kegiatan dari SISKO yang bisa dicoba saat dirumah aja agar tetap bisa produktif. Selamat mencoba dan jangan lupa jaga kesehatan dan kebersihan dengan sering cuci tangan serta menggunakan masker, Stay Safe Stay at Home

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi