Mendikbud Nadiem: Kita Dekatkan Pendidikan dengan Dunia Nyata
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
08-05-2020, 12:39:39

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan bahwa salah satu semangat Merdeka Belajar adalah untuk mengaitkan sistem pendidikan dengan kebutuhan di dunia nyata atau dunia profesional tempat berkarya. Ia mencontohkan penelitian di bidang kesehatan sangat dibutuhkan saat terjadi wabah. Melalui penelitian, kita bisa mengidentifikasi wabah dan mencari solusinya. Lebih lanjut, Nadiem mengatakan yang dimaksud dunia nyata bukan hanya industri, tetapi juga sektor pemerintahan maupun sektor sosial atau nonprofit. "Bagaimana kita meningkatkan relevansi pembelajaran kepada dunia nyata. Jadi, kita membuat pendidikan kita serelevan mungkin terhadap apa yang terjadi di dunia nyata bukan hanya dunia akademik saja," ungkap Nadiem dalam Konferensi Pendidikan dan Peluncuran Program Akademi Edukreator bertema “Membangun Dunia Pendidikan Baru” seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com. Oleh karena itu, tugas Kemendikbud adalah menciptakan sistem pendidikan yang memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa. "Kemendikbud selalu konsisten dalam menjalankan konsep (Merdeka Belajar) ini,” ujarnya.

Saat ini, Indonesia membutuhkan guru-guru penggerak yang fokus kepada peserta didiknya. Guru yang memiliki motivasi atau panggilan jiwa menjadi pendidik dan fokus pada kepemimpinan. "Jika ingin menciptakan sekolah berkelas dunia misalnya, maka ekosistem pendidikan kita harus mengikuti standar dunia. Perubahan itu harus terjadi. Mendekatkan pendidikan kita dengan dunia nyata,” ujar Nadiem. Kemudian, kualitas kepala sekolah yang menentukan perubahan ekosistem pendidikan. "Kepala sekolah harus memiliki kapabilitas untuk menjadi mentor guru-guru di lingkungannya dengan kualitas pembelajaran yang memadai. Ia juga harus bisa menghadirkan guru-guru penggerak yang akan membantu memajukan pendidikan,” ucapnya.

Pendidikan Milik Masyarakat

Nadiem mengatakan, penting untuk mengenalkan paradigma baru pendidikan yang lebih kolaboratif. Kreativitas dan inovasi yang muncul dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. "Saya ingin tersebar sebuah paradigma baru di mana siswa, guru, dan orang tua merdeka untuk mencoba hal-hal baru. Banyak bertanya, mencoba, dan berkarya," kata Nadiem. Nadiem menjelaskan bahwa prinsip Merdeka Belajar adalah memberikan otonomi, transparansi, efisiensi, dan fleksibilitas.

Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di dunia pendidikan dapat lebih optimal dan berdampak. "Esensi Merdeka Belajar bahwa pendidikan itu bukan hanya milik pemerintah. Pendidikan itu adalah miliknya masyarakat, dari masyarakat, untuk masyarakat. Tentunya dengan kurasi kualitas yang baik. Tetapi pendidikan itu bisa dalam format yang sangat variatif dan bisa didapatkan dari berbagai macam pihak," jelasnya.

Sumber : https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/07/201731571/mendikbud-nadiem-kita-dekatkan-pendidikan-dengan-dunia-nyata

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi