Fakta Unik di Balik Lahirnya Hari Pancasila
74 0 30-07-2019
0 suka
01-06-2020, 09:06:11

Ternyata di balik hari lahirnya Pancasila yang merupakan dasar dari negara Republik Indonesia dan diperingati setiap tanggal 01 Juni, terdapat beberapa fakta unik yang patut diketahui.

Pancasila diucapkan pertama kali oleh Bung Karno

Kata Pancasila pertama kali diucapkan oleh Bung Karno yang saat itu belum diangkat menjadi Presiden. Kata Pancasila itu diucapkan ketika menjadi salah satu anggota sidang Badan Penyelidik Usaha – usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Bung Karno ketika itu berpidato pada tanggal 01 Juni 1945 yang intinya menegaskan jika Pancasila  dengan 5 sila dasar yang ada didalamnya, bisa membuat negara Indonesia yang akan di dirikan menjadi negara yang kekal dan abadi. Pidato itu akhirnya kemudian dikenal dengan judul ”Lahirnya Pancasila”.

Nama Pancasila dari rekomendasi ahli bahasa

Nama Pancasila menurut Bung Karno merupakan rekomendasi dari salah seorang ahli bahasa. Kata Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua kata, yaitu Panca yang berarti lima, dan Sila yang artinya prinsip.

Melalui beberapa tahapan perumusan

Sebelum akhirnya diterima sebagai dasar negara secara resmi, Pancasila ternyata harus melalui beberapa tahap rumusan.

Rumusan Pertama, Piagam Jakarta (Jakarta Charter) Tanggal 22 Juni 1945.

Rumusan Kedua, Pembukaan Undang undang Dasar - pada tanggal 18 Agustus 1945.

Rumusan Ketiga, Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat – Tanggal 27 Desember 1949.

Rumusan Keempat, Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara - tanggal 15 Agustus 1950.

Rumusan Kelima, Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekret Presiden 05 Juli 1959)

Hari lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur Nasional

Tanggal 01 Juni ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional, oleh Bapak Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia. Hal itu ditetapkan melalui Keputusan Presiden yang telah ditanda tangani pada tanggal 01 Juni 2016, (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 dan baru berlaku pada tahun 2017.

Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila berbeda

Meskipun sama-sama memakai kata Pancasila, namun antara hari lahir dan kesaktian Pancasila itu berbeda. Kalau hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 01 Juni, hari Kesaktian Pancasila selalu diperingati setiap tanggal 01 Oktober.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi