Sosok Guru Ideal Sebuah Harapan Bagi Siswa
3 0 20-05-2013
0 suka
26-08-2013, 10:48:46
Dewasa ini, sosok guru memang begitu dipandang dalam kehidupan siswa.Guru bukan lagi seseorang yang mengajarkan siswa pelajaran yang ada dalam sekolah, tapi guru juga mengajarkan semua tentang bagaimana cara berperilaku dengan baik selain orangtua dirumah. Karna guru begitu berpengaruh dimata para siswanya. Dan bagaimana pula seorang guru itu sendiri dalam memberikan atau menyampaikan pembelajaran terhadap siswa.

Cara penyampaian atau mengajar guru terhadap siswanya sangat berpengaruh besar bagi siswa-siawanya. Guru adalah sosok yang begitu berpengaruh bagi siswa dalam proses belajar mereka. Hasil atau sikap seorang siswa bergantung pada pandangan mereka terhadap guru itu sendiri.Seperti pepatah,”Guru Kencing Berdiri,Murid Kencing Berlari.”

Dalam lingkungan keluarga, anak akan mengikuti orangtua, dalam lingkungan masyarakat anak akan mengikuti teman-temannya, sedangkan disekolah anak akan mengikuti guru. Sosok guru yang ideal berpengaruh besar untuk perkembangan anak. Siswa akan lebih kreatif dan maju serta patuh terhadap apa yang guru perintah karna sosok guru ideal yang menjadi harapan siswa, mereka akan lebih condong dengan apa yang guru berikan.

Kata ideal dalam hal ini adalah bagaimana guru menyampaikan caranya pada siswa dan cara mereka menguasai, memahami anak atau kelas itu sendiri. Seorang guru yang hanya masuk kelas dan keluar karna tuntutan tugas saja, itu takkan terhitung ideal dimata siswa. Karna ideal itu sendiri dimata siswa, guru itu enjoy dalam mengajar, menguasai tak hanya materi yang akan dibahas tapi juga kelas, keadaan kelas yang akan di ajarnya. Sehingga murid merasa nyaman, karna guru paham akan kondisi kelas mereka dan itu yang menjadikan siswa nyaman dalam belajarnya.

Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. karena guru memegang kunci dalam pendidikan dan pengajaran disekolah. Guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan siswa dalam pelaksanaan pendidikan sehari-hari, dan guru merupakan pihak yang paling besar peranannya dalam menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan terhadap guru merupakan hal mendasar dalam proses pendidikan. Saat ini guru dianggap sebuah profesi yang sejajar dengan profesi yang lain, sehingga seorang guru dituntut bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang profesional adalah guru yang mempunyai sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya yang meliputi kompetensi pendagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial maupun kompetensi pribadi. Dari kompetensi tersebut guru dapat menciptakan suasana dalam belajar menjadi nyaman dan optimal sehingga menumbuhkan persepsi siswa yang positif. Dengan persepsi yang potif tersebut akan menumbuhkan motivasi siswa dalam belajarnya sehinga dapat mempengaruhi tidakan siswa dalam mencapai tujuannya, yaitu prestasi belajar yang memuaskan.

(Sumber : edukasi.kompasiana.com)

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi