Ujian Nasional Masih Gunakan Kurikulum Lama
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
27-02-2014, 12:40:03
Dinas Pendidikan Kota Semarang memastikan materi yang diujikan pada Ujian Nasional 2014 masih mengadopsi kurikulum lama, yakni kurikulum tingkat satuan pendidikan.

"Kurikulum baru belum diujikan dalam UN tahun ini. Bahkan, sampai UN tahun depan masih menggunakan kurikulum lama," kata Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang Sutarto di Semarang, Rabu.

Menurut dia, siswa yang menjadi peserta UN tahun ini masih mengikuti proses pembelajaran dengan kurikulum lama sehingga evaluasi yang dilakukan pun harus disesuaikan dengan model kurikulum yang dipakai.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Kota Semarang itu menjelaskan kurikulum baru atau sering disebut kurikulum 2013 pada tahun lalu baru diterapkan untuk siswa jenjang awal pendidikan.

"Misalnya, siswa kelas I dan IV SD, kemudian siswa kelas VII SMP, dan siswa kelas X SMA. Jadi, mereka pada tahun ini baru duduk di kelas II bagi yang SD, atau kelas VIII bagi siswa SMP," katanya.

Sementara kakak kelas mereka yang tahun ini mengikuti UN, kata dia, pada tahun lalu masih duduk di kelas yang belum mendapatkan model kurikulum baru sehingga materi UN memakai kurikulum lama.

"Kalau UN-nya memakai kurikulum baru, sementara para siswa masih mendapatkan kurikulum lama, kan jadi tidak 'nyambung'. UN dengan materi kurikulum 2013 baru diterapkan nanti pada tahun 2016," katanya.

Berkaitan dengan pergantian kurikulum, ia mengatakan sebenarnya kesulitannya tidak berada pada level siswa, melainkan tingkat sekolah dan guru untuk menyesuaikan model kurikulum yang berbeda.

"Diganti kurikulum apa pun, siswa sebenarnya tidak ada masalah. Permasalahannya justru pada level sekolah dan guru, sebab tenaga pengajar kan perlu disiapkan mengajar dengan model berbeda," katanya.

Senada dengan itu, anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof Mungin Eddy Wibowo membenarkan masih digunakannya materi kurikulum lama, yakni KTSP pada pelaksanaan UN tahun ini.

"Masih (UN, red.) kurikulum yang lama, yakni KTSP, belum memakai kurikulum baru. Sebab, siswa yang UN tahun ini masih belajar pakai kurikulum lama," kata Guru Besar Universitas Negeri Semarang itu.

Sumber : republika.co.id

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi