Pencetakan Soal UN Selesai Akhir Maret 2014
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
0 suka
11-03-2014, 08:42:46
Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menargetkan pencetakan dan pengemasan soal-soal ujian nasional (unas) tingkat SMA sederajat dan tingkat SMP sederajat tahun ajaran 2013/2014 selesai pada akhir bulan Maret 2014.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Harun mengatakan, pencetakan soal-soal unas di wilayah atau region 6 yaitu Pulau Kalimantan dan Provinsi Jatim hingga saat ini tidak ada masalah. Pihaknya mengaku sudah meninjau percetakan yang mencetak soal unas dan sejauh ini tidak ada kendala.

"Pekan lalu saya sudah memantau pencetakan soal unas. Ternyata sudah hampir rampung 100 persen," ujarnya kepada Republika, Senin (10/3).

Pihaknya memastikan, proses pencetakan paket soal unas masih terus berjalan hingga saat ini. Targetnya pencetakan maupun pengemasan soal ujian itu tuntas pada akhir Maret 2014 ini.

Dia menambahkan, soal-soal unas di region 6 dicetak oleh PT Jasindo. Namun ia enggan mengungkap berapa paket soal yang dicetak dengan alasan rahasia negara. Mengenai kapan waktu pendistribusian soal-soal itu, pihaknya masih belum dapat memastikan.

"Kami harus membahasnya dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya telah mendapat konfirmasi bahwa pihak Kemdikbud akan melakukan sosialisasi unas di kantor Dinas Pendidikan Jatim, Rabu (12/3) besok. Kurang lebih ada 350 orang yang diundang dalam sosialisasi kali ini.

Mereka terdiri dari berbagai unsur seperti Dinas Pendidikan Jatim, kepolisian, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), hingga perwakilan sembilan perguruan tinggi negeri (PTN) di Jatim.

"Dalam sosialisasi ini nantinya akan membahas persiapan unas yang akan digelar mulai April 2014. Persiapan unas yang akan dibahas diantaranya pengawasan unas, pencetakan soal unas, pendistribusian soal, hingga kesiapan pelaksanaan unas di lapangan," katanya.

Tak hanya persiapan unas, pada pertemuan itu pihaknya juga menanyakan ke Kemendikbud mengenai pencairan anggaran penyelenggaraan Unas. "Insya Allah persoalan anggaran unas dapat selesai pada rapat sosialisasi itu," ujarnya.

Namun ia mengaku belum mengetahui berapa dana yang akan dicairkan untuk penyelenggaraan unas.


Sumber : republika.co.id

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi