Anak Hiperaktif ? Berikan Oatmeal dan Brokoli untuk Tingkatkan Fungsi Otaknya
Dewi Masitoh (1,266)
694 10 14-03-2013
1 suka
25-04-2014, 14:55:34
http://images.detik.com/content/2014/04/25/1345/dalam.jpg Gangguan sensori dikenal sebagai disfungsi integrasi. Merupakan gangguan neurologis yang mempengaruhi cara otak untuk memproses sinyal yang dikirim ke panca indra. Gangguan sensori ini banyak dialami oleh anak autisme atau hiperaktif. Walaupun secara umum diet yang diberikan sama seperti anak-anak normal lain, akan tetapi untuk meningkatkan fungsi otak anak dengan gangguan ini perlu makanan yang lebih bernutrisi. Beberapa hal ini perlu diperhatikan. 1. Tinggi energi Menurut Exceptional Family Resource Center Organization, anak yang mengalami gangguan sensorik biasanya lebih cepat merasa lelah karena mereka terlalu banyak bergerak atau hiperaktif. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memberikan makanan sumber karbohidrat yang tinggi serat seperti gandum, oatmeal, buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan seperti tepung-tepungan yang mengandung gluten.
Spoiler for :
2. Probiotik Biasanya anak yang mengalami gangguan sensorik mengalami gangguan autis dan juga hiperaktif. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan oleh BMC Gastroenterology mendapatkan adanya korelasi antara autis dan masalah gastrointestinal yang memungkinkan anak dengan autisme lebih berisiko menderita masalah pencernaan. Probiotik memiliki manfaat untuk mencegah diare dan meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral. Beberapa makanan yang mengandung probiotik seperti miso, acar, dan juga keju.
Spoiler for :
3. Makanan untuk sistem saraf Menurut Kelly Dorfman, MS dalam situs Development Delay Resources, vitamin E, asam lemak esensial, vitamin B dan magnesium dapat membantu proses pengiriman informasi ke otak. Makanan kaya magnesium terdapat pada sawi, brokoli dan biji labu. Vitamin B ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian sedangkan vitamin E dan asam lemak esensial ditemukan dalam salmon dan makarel.
Spoiler for :
4. Diet seimbang Walaupun begitu, untuk anak yang memiliki kelainan sensori sebaiknya tetap diarahkan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang untuk menjaga kekebalan tubuh serta membantu anak dalam merespon segala sesuatu dengan cepat. Berikan selalu makanan sumber karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan juga mineral.
Spoiler for :
Sumber : detik.com

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi