BAB 1 DEMOKRASI DALAM AL QUR'AN [ Materi PAI SMK Kelas X Semester Genap ]
(1,102)
6 1 12-11-2016
1 suka
25-02-2017, 11:02:40
Biasanya yang paling berharga bagi sesuatu adalah dirinya sendiri. Ini berarti yang paling berharga buat agama adalah agama itu sendiri. Karenanya setiap agama menuntut pengorbanan apapun dari pemeluknya demi mempertahankan kelestariannya. namun demikian, Islam datang tidak hanya bertujuan mempertahankan eksistensinya sebagai agama, tetapi juga mengakui eksistensi agama lain. Perdamaian dan kerukunan yang di dambakan Islam, bukanlah yang bersifat semu, tetapi yang memberi rasa aman pada jiwa setiap insan. Dalam agama Islam ketika terjadi perselisihan, maka dianjurkan untuk diselesaikan dengan musyawarah. Musyawarah adalah salah satu ciri sistem demokrasi yang diajarkan dalam Islam.

A. Membaca,Mengartikan, Mengamalkan, dan Menampilkan Perilaku Demokratis dalam Surah Ali Imran Ayat 159
1. Membaca dengan Fasih Surah Ali Imran Ayat 159
http://sayahafiz.com/images/web/3_159.png


2. Terjemahan Surah Ali Imran Ayat 159
"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu (peperangan). Kemudian kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya." (QS.Ali Imran : 159)

3. Kandungan Surah Ali Imran Ayat 159
Surah Ali Imran terdiri dari 200 ayat, termasuk salah satu surah Madaniyah, sebab sebagian besar ayat-ayat turun di Madinah. Dinamakan Ali Imran, karena memuat kisah keluarga Imran, yang dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa as. dan beberapa mukjizatnya.

Kandungan Ayat :
Dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita berperilaku yang mencerminkan isi kandungan Surah Ali Imran : 159, sebagai berikut.
a. Kita harus bersikap lemah lembut dalam setiap menghadapi masalah, tidak boleh bersikap kasar.
b. Apabila kita bersikap kasar, maka kita akan dijauhi dan dikucilkan dari pergaulan.
c. Perbedaan pendapat sering terjadi, oleh karena itu diperlukan sikap saling memaafkan (fa'fu 'anhum)
d. Dalam memecahkan suatu persoalan harus ditempuh dengan cara musyawarah dan mufakat.
e. Bertawakal kepada Allah SWT. setelah membulatkan tekad dari hasil musyawarah untuk dilaksanakan.

Surah Ali Imran ayat 159 diturunkan Allah SWT. dalam peristiwa Perang Uhud, dimana kaum muslimin mengalami kekalahan dari kaum kafir musyrik Makkah. Kekalahan tersebut disebabkan karena ketidaktaatan para pemanah yang berada di Bukit Uhud yang bernafsu turun bukit untuk mengambil harta rampasan perang untuk kembali naik ke bukit dan menghujani kaum muslimin dengan anak panah. Akhirnya, kaum muslimin terpukul mundur dan rasulullah SAW. mengalami patah gigi depannya sebanyak 2 buah. Setelah Perang Uhud berakhir, Rasulullah SAW. mengumpulkan pasukan kaum muslimin untuk mengevaluasi jalannya peperangan. Pada saat itulah turun wahyu Allah, yaitu Surah Ali Imran ayat 159, ayat tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah SAW. tidak memarahi mereka yang bersalah, bahkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW. disuruh untuk memohonkan ampun untuk mereka. Musyawarah wajib dijunjung tinggi dan ditegakkan. Untuk menegakkan musyawarah, peran serta pemimpin sangatlah menentukan. Oleh karenanya, setiap mengambil keputusan hendaklah dilakukan secara musyawarah.

4. Perilaku Demokratis dalam Surah Ali Imran Ayat 159
Diantara sikap perilaku demokratis yang dapat Anda tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut :
a. Selalu mendengarkan orang lain yang sedang berbicara dan berbicara saat mendapat giliran.
b. Tidak memotong pembicaraan orang lain dan bersedia menunggu sampai yang bersangkutan selesai bicara.
c. Bersedia memaafkan dan meminta maaf kepada orang lain.
d. Berjiwa lemah lembut, ramah, sopan, meskipun mendapat kritikan serta menanggapinya dengan penuh kasih sayang.
e. Gemar bermusyawarah terhadap masalah sekecil apapun dan menghindari sikap otoriter atau memaksakan kehendak.
f. Memiliki keyakinan yang mantap bahwa semua program akan sukses dengan terus berusaha dan bekerja keras.

 

Silahkan login untuk meninggalkan balasan.

Pesan

Notifikasi