Mengapa Palapa di bangun sebagai web portal kuis berbasis komunitas?


Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke Palapa terkait alasan mengapa Portal Palapa dibangun sebagai web portal quiz berbasis komunitas, berikut penjelasannya :

Ide awal Portal Palapa dibangun adalah sebagai web portal pendidikan. Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah portal pendidikan yang seperti apa yang ingin di ciptakan?

Akhirnya tim Palapa memilih membangun sebuah web portal quiz berbasis komunitas.

Berikut penjelasannya :

Mengapa web portal quiz yang di pilih?

Palapa memilih web portal quiz, karena berawal dari ide untuk memberikan wadah bagi guru untuk dapat berkreasi dengan membuat pertanyaan quiz yang bermutu. Quiz dipilih sebagai sarana sharing di Palapa, karena untuk membuat sebuah pertanyaan Quiz, jawaban beserta review/penjelasannya, diperlukan pengetahuan yang cukup mendalam atas materi yang ingin disampaikan. Dan di Palapa, kemampuan Guru akan mendapat penghargaan dari komunitas berupa poin atas tiap soal quiz yang di buat.

Mengapa dipilih media sharing berbentuk Quiz?

Pada prinsipnya otak manusia mampu untuk merekam berbagai hal dan apa yang tersimpan dalam memori dapat sewaktu-waktu keluar apabila di pancing dengan pertanyaan. Ide portal Palapa adalah memancing memori yang terekam dalam ingatan para siswa agar terlatih untuk mengeluarkan jawaban atas pertanyaan yang di buat oleh para guru. Palapa juga menyediakan pembahasan soal yang harus disertakan oleh para guru tiap membuat pertanyaan quiz agar siswa mendapat pemahaman penuh atas pertanyaan yang di ajukan.

Mengapa Quiz yang dibuat guru perlu di review oleh guru lain sebelum tayang/masuk ke bank soal?

Soal yang dibuat oleh seorang guru, perlu di review oleh guru lain yang mengajar mata pelajaran yang sama / memiliki minat atas bidang yang sama, untuk memastikan bahwa apa yang di tanyakan beserta jawaban dan juga pembahasannya sudah banar dan tidak menyesatkan siswa yang menjawab atau membaca penjelasan atas soal yang diajukan. Atas alasan ini juga keanggotaan di portal Palapa perlu terverifikasi identitas nya untuk memastikan bahwa guru / praktisi pendidikan membuat pertanyaan sesuai bidang pengetahuan dan atas dasar sharing pengetahuan.

Mengapa portal yang di bangun berbasis komunitas?

Palapa dibangun untuk menjadi wadah bagi komunitas pendidikan agar tiap-tiap anggotanya dapat unjuk pengetahuan melalui soal-soal quiz berkualitas yang di buat, sekaligus dapat memberikan apresiasi atas karya soal quiz buatan guru lain, sehingga eksistensi dari profesi guru akan lebih meng-global dan di kenal oleh guru-guru lain di nusantara. Poin yang di dapat dan di rekam oleh Palapa, menunjukkan keaktifan seorang guru dalam sharing pengetahuan melalui media quiz online dan untuk siswa menunjukkan kemampuan siswa dalam melahap pertanyaan yang di sharing oleh para guru.

Bagaimana perhitungan score quiz di Palapa?

- dengan batasan waktu, jika benar score +5
- tanpa batasan waktu, jika benar score +2
- tidak menjawab = 0
- jawaban salah = -1 

Mengapa pilihan jawaban diacak?

Pilihan jawaban yang tampil di acak agar siswa tidak terbiasa menghafal urutan, akan tetapi lebih pada benar-benar mengerti jawaban atas pertanyaan yang di hadapi. Selain pilihan jawaban yang diacak, di Lembar Tes Online, guru juga bisa mengacak urutan soal yang di kemas, jadi meskipun 2 siswa mengerjakan secara bersamaan dan bersebelahan, bisa jadi tampilan urutan soalnya akan berbeda.

Pesan

Notifikasi